UNTUK INDONESIA
PSM Makassar Mulai Latihan Sebelum Pindah ke Yogyakarta
PSM Makassar akhirnya memulai latihan setelah libur selama beberapa bulan. Tim akan latihan selama satu pekan sebelum pindah ke Yogyakarta.
PSM Makassar memulai latihan setelah libur selama beberapa bulan di Bosowa Sport Center, Senin, 21 September 2020. Tim akan latihan selama satu pekan sebelum pindah ke Yogyakarta. (Foto: PSM Makassar)

Makassar - PSM Makassar akhirnya memulai latihan setelah libur selama beberapa bulan karena dihentikannya kompetisi Liga 1 yang merupakan imbas dari pandemi. Tim menjalani latihan satu pekan sebelum berangkat ke Yogyakarta karena bakal berpindah markas.

Terlambat memang karena tim-tim Liga 1 sudah jauh-jauh menjalani latihan untuk mempersiapkan diri menghadapi kompetisi yang digulirkan pada 1 Oktober 2020. Bila tidak mengalami perubahan jadwal, PSM hanya memiliki waktu 10 hari melakukan persiapan. 

Musim ini, kompetisi sempat dihentikan setelah menjalani 3 pertandingan. Saat kembali digelar, liga diputuskan tanpa degradasi. Dengan demikian tim peserta Liga 1 tak perlu khawatir turun kasta musim ini.  

Kami rencananya menggelar latihan sampai Minggu. Selanjutnya kami akan berangkat ke Yogyakarta

Para pemain PSM kembali menjalani sesi latihan yang dipimpin langsung pelatih Bojan Hodak di Bosowa Sport Center, Senin, 21 September 2020. Latihan digelar setelah 12 pemain menjalani swab test dan hasilnya adalah negatif. Hal itu merupakan salah satu regulasi pencegahan penyebaran Covid-19 yang wajib dilaksanakan setiap klub.

Menurut Media Officer PSM, Sulaiman Abdul Karim latihan perdana dilakukan secara ringan dengan diikuti para pemain. Namun pelatih juga memanggil 9 pemain muda dari akademi PSM.

"Ada 12 pemain senior dan 9 dari akademi PSM. Pemain melakukan latihan ringan," kata Sule, sapaannya.

PSM Bermarkas di Bantul

Latihan ini, kata Sule, dilakukan hingga para pemain berangkat ke Bantul, Yogyakarta. PSM akan bermarkas di Yogyakarta selama kompetisi. 

Pasalnya, Liga 1 akan dipusatkan di Jawa dan tim-tim dari luar Jawa diminta untuk memindahkan markas di DI Yogyakarta atau sekitarnya. PSM sendiri akan menggunakan Stadion Sultan Agung, Bantul, untuk menjamu lawan-lawannya.  

"Kami rencananya menggelar latihan sampai Minggu. Selanjutnya kami akan berangkat ke Yogyakarta. Tim akan ber-home base di sana selama Liga 1," katanya.

Baca juga: 

Sembilan Pemain Akademi PSM di Mamuju Promosi ke Tim Senior

Latihan Perdana PSM Tertutup untuk Umum

Menurut dia, 9 pemain muda yang ikut latihan bersama dipersiapkan untuk mengisi kebutuhan tim di masa akan datang. Mereka akan dimatangkan di kompetisi musim ini.

"Kami akan menurunkan lebih banyak pemain muda dengan target mereka tampil secara reguler. Mereka dipersiapkan sebagai pemain PSM di masa yang akan datang," ujarnya. []

Berita terkait
Latihan Perdana PSM Tertutup untuk Umum
PSM Makassar akan memulai latihan perdana untuk mengarungi lanjutan liga 1. Ini jadwalnya
Liga 1 Kian Dekat, Pemain PSM Makassar Belum Latihan
Kompetisi Liga 1 tinggal hitungan pekan. Namun PSM Makassar tak kunjung melakukan latihan. Pemain juga tak tahu kapan latihan dimulai.
Tak Ada Degradasi di Liga 1, Pemain PSM Tak Santai
Tidak ada degradasi di Liga 1 tak membuat PSM Makassar santai di kompetisi. Pemain memastikan tetap fight memenangkan setiap pertandingan.
0
Pengamat: Satgas Covid-19 Pusat Jangan Hanya Jadi Supervisi
Adib Miftahul menyinggung kinerja tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 yang dikomandoi oleh Doni Monardo.