UNTUK INDONESIA
Cegah Corona, Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari
Akibat penyebaran virus Corona atau Covid-19 di sejumlah negara, masyarakat mulai menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi.
Aneka Gorengan. (Foto: ceritamakan.com)

Jakarta - Akibat penyebaran virus Corona atau Covid-19 di sejumlah negara, masyarakat harus mulai menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi. Hal ini sebagai upaya pencegahan penularan virus berbahaya tersebut. 

Selain itu, masyarakat juga harus mulai menghindari makanan dan minuman yang tidak baik untuk kesehatan agar daya tahan tubuh tetap stabil. Sehingga, virus Covid-19 itu tidak mudah menyerang. 

Virus Corona mudah sekali menyerang seseorang yang memiliki daya tahan tubuh rendah. Sehingga, alangkah baiknya mengurangi porsi makanan dan minuman tersebut. 

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah makanan dan minuman yang harus dihindari agar terhindar dari serangan virus Corona atau Covid-19.

1. Gorengan

GorenganAneka Gorengan. (Foto: ceritamakan.com)

Gorengan kaya akan lemak yang mampu meningkatkan kolesterol jahat. Inflamasi dalam tubuh juga bisa ikut meninggi akibat mengonsumsi makanan tersebut. 

Jika dikonsumsi berlebihan, tentu akan berdampak buruk pada penurunan sistem kekebalan tubuh. 

Dilansir dari laman Boldsky, menghindari makanan yang digoreng akan membantu proses pembangunan kekebalan tubuh. Sehingga, sebaiknya mengurangi makanan yang bisa memicu kanker ini.

2. Makanan Olahan

Ilustrasi Makanan OlahanIlustrasi makanan olahan atau junkfood. (Foto: betterhealthsolutions.org)

Kadar kalori yang tinggi pada makanan olahan bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Sebab, makanan olahan tersebut bisa memicu terjadinya inflamasi dalam tubuh.

Makanan olahan atau yang biasa dikenal dengan nama junk food juga mampu menurunkan kendali terhadap infeksi. Bila dikonsumsi secara rutin, tentu risiko terserang kanker akan semakin tinggi.

3. Kopi

kopiKopi. (Foto: health.harvard.edu)

Meski kafein dalam kopi memiliki banyak manfaat, penderita diabetes harus hati-hati karena minuman ini bisa membuat kadar gula darah melonjak.

Kopi juga mampu memicu kolesterol dan menekan sistem kekebalan tubuh menjadi rendah.

Setidaknya, mengonsumsi lebih dari 500 miligram kopi per harinya saja bisa menyebabkan insomnia, otot gemetar, hingga gangguan pencernaan. Minum kopi berlebihan juga akan membuat seseorang kesulitan tidur, akhirnya daya tahan tubuh terganggu.

4. Soda

IlustrasiIlustrasi Soda. (Foto: health.harvard.edu)

Soda menjadi salah satu minuman yang dapat menurunkan daya tahan tubuh. Kandungan asam fosfor pada soda bisa menguras kalsium dan magnesium dalam tubuh.

Apabila terus terjadi, hal ini tentu berbahaya untuk kesehatan. Hal itu disebabkan karena kedua nutrisi tersebut bisa mengganggu jalannya sistem kekebalan tubuh manusia.

5. Alkohol

Minuman beralkoholIlustrasi Minuman Beralkohol. (Foto: Pixabay)

Alkohol tentu sangat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh manusia. Dalam waktu 20 menit setelah mengonsumsi alkohol, sistem kekebalan tubuh akan ikut menurun, tetapi hal tersebut bergantung pada kondisi tubuh itu sendiri.

Menghindari dampak buruk tersebut, seharusnya mengurangi porsi mengonsumsi alkohol agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Apabila daya tahan tubuh rendah, seseorang akan mudah terinfeksi virus Corona. []

Baca juga:

Berita terkait
Makanan Sehat untuk Anak Terhindar dari Corona
Makanan sehat sangat berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak agar tidak mudah terserang virus Corona
Jahe dan Dua Rempah Penangkal Virus Corona
Rempah-rempah seperti jahe, kunyit, dan temulawak bisa dimanfaatkan untuk menangkal virus Corona.
Selain Cegah Corona, Ini Manfaat Jahe Merah
Jahe merah dipercaya mampu mencegah virus Corona. Berikut manfaat jahe merah untuk kesehatan.
0
Cegah Corona, Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari
Akibat penyebaran virus Corona atau Covid-19 di sejumlah negara, masyarakat mulai menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi.