UNTUK INDONESIA
Cara Jaga Stamina Ketika Cuaca Panas Selama Corona
Memasuki musim panas di tengah pandemi virus corona sangat penting untuk tetap menjaga stamina dan kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit.
ilustrasi cuaca panas. (Foto: www.newscientist.com/Amer Ghazzal/Alamy)

Jakarta - Sebagian wilayah mulai memasuki musim panas di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19. Sehingga, masyarakat diingatkan untuk tetap menjaga stamina dan kesehatan tubuh karena cuaca panas bisa memperburuk kondisi pasien Covid-19 dan bahkan meningkatkan risiko penularan saat orang berkerumun di luar ruangan.

Dilansir dari Xinhua, para pakar kesehatan mengingatkan untuk selalu memakai masker saat berada di luar untuk mencegah terpapar Covid-19. Ada beberapa jenis masker yang bisa dipilih untuk cegah sesak napas, seperti masker bedah atau masker kain berbahan katun.

Selain itu, tetap gunakanlah masker di dalam ruangan jika di dalamnya tidak memungkinkan menerapkan jarak fisik dan sosial. Namun, tetaplah berusaha menerapkan jaga jarak fisik dan sosial dengan orang lain di sekitar Anda.

Sebuah forum independen ilmuwan, praktisi, dan pembuat kebijakan, Global Heat Health Information Network (GHHIN) menganjurkan semua sistem ventilasi dan pendingin udara diperiksa, dirawat, dan dibersihkan secara teratur untuk meminimalisir risiko penyebaran dan penularan virus melalui udara atau aerosol. 

"Bahkan di lingkungan yang berventilasi baik, orang harus terus mengikuti rekomendasi jarak fisik dan menjaga kebersihan tangan," kata pihak GHHIN. 

GHHIN juga menyarankan suhu ruangan sebaiknya diatur 24-27 derajat Celcius untuk pendinginan. Jangan lupa, tetap perhatikan juga usia, kondisi medis yang sudah ada sebelumnya, dan beberapa faktor lain yang mampu meningkatkan risiko seseorang terhadap panas ekstrem.

Menjaga asupan gizi dengan mengonsumsi makanan sehat juga menjadi salah satu hal yang tidak kalah pentingnya. Cukupi juga kebutuhan cairan dalam tubuh untuk mencegah dehidrasi dan tubuh tetap terhidrasi nantinya. []

Baca Juga:

Berita terkait
Cara Mengajari Anak Terbiasa Pakai Masker Kain
Penggunaan masker mungkin sulit diterapkan pada anak karena mereka merasa tidak nyaman. Berikut cara mengajari anak terbiasa pakai masker kain.
Bisa Tidak Akurat, Ini Cara Kerja Rapid Test
Dalam mengatasi pandemi virus Corona, Indonesia menggunakan rapid test. Namun tak sedikit masyarakat mempertanyakan akurasi dari rapid test itu.
Risiko Masker Kain Bagi Anak Usia di Bawah Dua Tahun
Masker kain ternyata tidak diperkenankan digunakan oleh anak-anak khususnya yang berusia di bawah dua tahun. Berikut penjelasannya.
0
Cara Jaga Stamina Ketika Cuaca Panas Selama Corona
Memasuki musim panas di tengah pandemi virus corona sangat penting untuk tetap menjaga stamina dan kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit.