UNTUK INDONESIA
Risiko Masker Kain Bagi Anak Usia di Bawah Dua Tahun
Masker kain ternyata tidak diperkenankan digunakan oleh anak-anak khususnya yang berusia di bawah dua tahun. Berikut penjelasannya.
Ilustrasi Anak Pakai Masker. (Foto: metroparent.com)

Jakarta - Masker menjadi salah satu perlengkapan yang harus digunakan semua kalangan termasuk anak-anak dan orang dewasa saat berada di luar rumah. Salah satu yang sering dikenakan sekarang ini yaitu masker kain untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19, lantas apakah masker kain aman digunakan anak-anak yang berusia di bawah dua tahun?

Dilansir dari Healthy Children, masker kain bisa membuat anak-anak khususnya berusia di bawah dua tahun menjadi sulit bernapas, bahkan berisiko tersedak dan tercekik. Selain itu, mengenakan penutup wajah bisa menyebabkan sang buah hati lebih sering menyentuh wajah dibandingkan tidak memakainya.

Ada beberapa tempat yang mengharuskan anak-anak mengenakan masker kain lantaran tidak memungkinkan menjaga jarak sosial baik disadari maupun tidak seperti ke dokter, apotek, atau toko kelontong. 

Namun, masker bisa tidak digunakan oleh sang buah hati jika berada di tempat yang aman dari paparan virus Corona, yaitu di rumah atau di tempat yang bisa menjaga jarak. Pastikan juga anak-anak tidak menyentuh permukaan benda seperti meja, air mancur, peralatan bermain, atau hal lain yang mungkin sering disentuh orang banyak.

Terlepas dari itu semua, anak-anak harus tetap berada di rumah dan menjaga jarak fisik. Hal ini bisa menjadi cara yang terbaik untuk melindungi keluarga Anda dari serangan Covid-19. Terlebih mereka yang lebih muda karena tidak mengerti kenapa mereka tidak bisa bertemu orang lain atau menyentuh hal-hal yang seharusnya tidak dilakukan. Terkhusus anak yang sedang sakit, para orang tua diingatkan untuk menjaga sang buah hati tidak keluar rumah. 

Tips Memilih Masker Kain untuk Anak

Serupa dengan orang dewasa, bahan kain yang digunakan untuk membuat masker anak sebenarnya tidak ada bedanya. Para orang tua bisa membeli masker kain atau membuatnya sendiri di rumah dengan kain yang ada.

Tetapi, pastikan sang buah hati mendapatkan masker kain yang pas dengan wajahnya. Jika terlalu longgar dan tidak pas di wajah, artinya masker kain yang dikenakan tidak bisa melindungi kesehatan si kecil.

Ukuran masker kain yang pas untuk anak-anak seharusnya tidak lebih dari 5x10 inchi. Sehingga, pastikan mengukurnya dengan baik, serta cocokkan dengan ukuran wajah sang buah hati, namun yang perlu diingat anak-anak di bawah usia dua tahun belum boleh memakai masker. 

Diharapkan semua orang tua memperhatikan penggunaan masker yang cocok dan sesuai dengan sang buah hati agar mereka aman terhadap paparan virus Corona. 

Baca Juga:

Berita terkait
Cara Bijak Memilih Lokasi Imunisasi Saat Masa Corona
Ahli tumbuh kembang anak, Prof. Soedjatmiko menyarankan pada orang tua agar bijak memilih lokasi imunisasi yang aman untuk anak selama masa Corona.
Panduan Imunisasi Anak Selama Pandemi Corona
Selama pandemi virus Corona, orang tua tidak boleh lupa memberikan imunisasi pada anak. Berikut panduan imunisasi anak yang harus diperhatikan.
3 Penyakit Penyerta Covid-19 Berisiko Kematian
Terdapat tiga penyakit penyerta Covid-19 yang berisiko terjadinya kematian, seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung. Ini penjelasannya.
0
Risiko Masker Kain Bagi Anak Usia di Bawah Dua Tahun
Masker kain ternyata tidak diperkenankan digunakan oleh anak-anak khususnya yang berusia di bawah dua tahun. Berikut penjelasannya.