UNTUK INDONESIA
Cara Mengajari Anak Terbiasa Pakai Masker Kain
Penggunaan masker mungkin sulit diterapkan pada anak karena mereka merasa tidak nyaman. Berikut cara mengajari anak terbiasa pakai masker kain.
Ilustrasi anak menggunakan masker. (Foto: www.businessinsider.com/Getty Images)

Jakarta - Masker menjadi salah satu perlengkapan yang wajib digunakan saat berada di luar rumah untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19. Lantas bagaimana dengan anak-anak yang tidak terbiasa untuk menerapkan kebiasaan baru ini?

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), mengingatkan jika penutup wajah kain tidak boleh dikenakan oleh anak yang berusia di bawah dua tahun. Selain itu, masker kain juga tidak diperkenankan digunakan bagi yang memiliki masalah kesulitan bernapas, tidak sadar, atau lumpuh dalam beberapa kasus.

Terlepas dari hal tersebut, cara terbaik untuk melindungi anak-anak yaitu dengan tetap berdiam diri di rumah. Namun, jika Anda tidak memiliki pilihan lain selain membawa sang buah hati keluar rumah saat kondisi terdesak, maka harus memakaikan anak Anda masker kain yang mungkin bagi mereka kebiasaan ini tidak nyaman.

Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga berisiko untuk terinfeksi penyakit seperti Covid-19. Karena itu, menggunakan masker kain dengan tepat menjadi hal penting untuk meminimalisir risiko terpapar virus dan bakteri.

Dilansir dari laman Very Well Mind, berikut Tagar rangkum cara agar anak terbiasa memakai masker kain jika terdesak keluar rumah.

1. Jelaskan Pakai Masker Penting

Terlepas dari usia anak tersebut, Anda bisa jujur kepada mereka dengan menjelaskan betapa pentingnya memakai masker di tengah pandemi Corona saat ini. Tidak perlu terlalu detail, Anda tetap harus menjaganya sesuai usia, namun terbuka dengan mereka mengenai bahaya virus tersebut.

Jelaskan kepada si kecil bahwa memakai masker bisa membantu menjaga orang-orang di sekitar agar tetap aman. Tahan keinginan untuk mendramatisir situasi atau untuk membagikan informasi lebih banyak daripada yang dibutuhkannya. Gunakan konsep menggunakan masker sebagai kesempatan untuk mengajarkan mereka untuk berhati nurani dan dan empati.

2. Pilih Gambar yang Disukai

Melibatkan sang buah hati dalam memilih model masker menjadi salah satu cara agar anak-anak tertarik mengenakan masker. Biarkan anak memilih motif atau gambar karakter kartun pada masker kain yang akan mereka pakai. 

3. Ubah Masker Jadi Kostum

Jika memutuskan menggunakan cat kain pada masker anak, bantulah mereka mengubahnya menjadi karakter atau binatang kesukaannya. Misalnya, melukis hidung dan kumis pada masker agar terlihat seperti kucing, anjing, atau kelinci.

Jika sang buah hati ingin menjadi perawat atau dokter saat dewasa nanti, perlihatkan foto-foto tenaga medis yang mengenakan masker, bahkan polisi dan petugas pemadam kebakaran yang memakai masker saat ini. Si kecil bisa berpura-pura menjadi salah satu dari para profesional tersebut sambil menggunakan masker mereka.

4. Buat Masker untuk Teman

Biasanya sang anak mau memakai masker, jika temen mereka juga melakukan hal yang sama. Jika, si kecil memiliki boneka beruang favorit, seperti boneka American Girl atau mainan yang disukai lainnya, Anda juga bisa buatkan masker untuk temen mereka. Jadi saat Anda keluar, teman mereka bisa datang selama mereka menggunakan masker.

5. Lakukan Percobaan Terlebih Dahulu

Tak sedikit anak-anak yang mendapatkan pengalaman baru memakai masker. Mungkin sebagian dari mereka mengeluh lantaran gatal atau tidak bisa bernapas, bahkan tidak menyukai imbauan tersebut.

Jadi untuk membuat anak menjadi terbiasa mengenakan masker, Anda bisa memulainya dengan mencoba penutup wajah tersebut di rumah terlebih dahulu. Selanjutnya, Anda bisa menyuruh si kecil memakainya selama 30 menit. Latih mereka untuk memakainya dengan aman dan tidak menyentuhnya begitu menggunakan masker.

Setelah itu, bicarakan dengan anak-anak tentang bagaimana rasanya memakai masker. Jika perlu lakukan penyesuaian pada masker sambil tetap memastikan penggunaannya tepat.

6. Ubah Jadi Game

Pilihan lain agar anak-anak termotivasi untuk memakai masker yaitu dengan mengubahnya menjadi permainan. Serupa dengan game no talk atau permainan bertahan paling lama tanpa berkedip, Anda bisa menyuruh mereka bermain game tersebut dengan memakai masker. 

Misalnya, minta setiap orang mulai dengan 10 poin, nantinya setiap kali menyentuh masker, mereka akan kehilangan poin. Setibanya orang tua di rumah, orang dengan poin tersisa paling banyak memenangkan permainan.

7. Tawarkan Hadiah

Terkadang anak-anak akan bersemangat melakukan sesuatu yang ditakuti saat mereka tahu ada hadiahnya. Para orang tua bisa memberikan hadiah kepada anak-anaknya untuk menggunakan maskernya.

Misalnya, mereka akan mendapatkan stiker untuk es krim, atau satu jam tambahan menonton televisi jika mereka mengikuti aturan saat berada di tempat umum. Disarankan Anda mengetahui terlebih dahulu apa yang disukai dan bisa memotivasi sang buah hati, jadi pilihlah yang sesuai.

Baca Juga:

Berita terkait
Cara Aman Melindungi Anak dari Covid-19 di Luar Rumah
Diperlukan cara untuk melindungi anak-anak agar terhindar dari virus Corona atau Covid-19 saat berada di luar rumah. Berikut ini penjelasannya.
Panduan Imunisasi Anak Selama Pandemi Corona
Selama pandemi virus Corona, orang tua tidak boleh lupa memberikan imunisasi pada anak. Berikut panduan imunisasi anak yang harus diperhatikan.
3 Penyakit Penyerta Covid-19 Berisiko Kematian
Terdapat tiga penyakit penyerta Covid-19 yang berisiko terjadinya kematian, seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung. Ini penjelasannya.
0
Cara Mengajari Anak Terbiasa Pakai Masker Kain
Penggunaan masker mungkin sulit diterapkan pada anak karena mereka merasa tidak nyaman. Berikut cara mengajari anak terbiasa pakai masker kain.