Korban Banjir Tingkatkan Kekebalan Tubuh Pakai 3 Cara Cepat Ini

Intensitas hujan tinggi dan sering terpapar genangan banjir bisa membuat sistem kekebalan tubuh seseorang terganggu.
Ilustrasi warga terkena banjir akibat intensitas hujan deras. (Foto: Pexels)

Jakarta - Banyak warga terdampak banjir di DKI Jakarta kini mengungsi. Intensitas hujan tinggi dan sering terpapar genangan air bisa membuat sistem imunitas atau kekebalan tubuh seseorang terganggu.

Sistem imunitas yang menurun dapat menyebabkan seseorang mudah terserang sakit. Sembari memantau tinggi volume air di rumah yang berangsur turun, Anda wajib menjaga daya tahan tubuh secara ekstra.

Ditambah lagi saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, yang mengharuskan warga tetap menerapkan protokol kesehatan. Lantas bagaimana cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cepat?

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 3 cara cepat untuk tingkatkan imunitas:

1. Asupan makanan

Makanlah makanan yang kaya akan vitamin C, karena mengkonsumsi vitamin ini penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Konsumsilah makanan yang memiliki kandungan nutrisi lebih. Seperti mengkonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan perbanyak minum air putih. Karena dengan menjaga asupan makanan, Anda bisa membantu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

FluIlustrasi penderita flu. (Foto: Pexels)

Baca juga:

2. Istirahat yang cukup dan kelola stress

Salah satu penyebab terserang penyakit itu adalah stress. Karena mengalami stress adalah sumber penyakit. Semakin stress, maka tubuh akan semakin melemah.

Stress juga bisa mengakibatkan Anda mengalami gaya hidup yang buruk seperti merokok, meminum alkohol dan tidak memakan makanan yang bergizi.

Untuk tidak mengalami stress, maka istirahatlah yang cukup. Waktu yang dibutuhkan untuk tidur sekitar 7-8 jam setiap harinya. Jadi usahakan istirahat yang cukup maka daya kekebalan tubuh akan meningkat.

HujanIlustrasi pengendara sepeda terkena hujan lebat. (Foto: Pexels)

3. Olahraga

Olahraga merupakan sebuah hal yang patut untuk tidak ditinggalkan. Sebab olahraga ini berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menghempaskan bakteri dalam tubuh. Jangan jadikan adanya musim hujan ini menjadi alasan Anda untuk berolahraga. (Niswatul Mahmudah)

Berita terkait
Penyangga Masker Hits, Boleh atau Tidak Dipakai Ini Kata Dokter
Menggunakan masker dalam rentan waktu tertentu membuat napas menjadi pengap. Menanggulanginya dengan penyangga masker, apa kata dokter?
Hujan Lebat Picu Longsor di Ciganjur, Satu Warga Tewas
Hujan lebat disertai angin kencang berdampak pada longsornya tanah di Ciganjur, Jaksel. Seorang warga tewas akibat musibah itu.
Dikeluarkan dari Grup WhatsApp, Ini 3 Poin Waktunya Introspeksi
Tiba-tiba Anda dikeluarkan dalam grup WhatsApp. Tanda tanya besar muncul di benak. Apakah waktunya untuk introspeksi diri?
0
Ditemukan 215 Kerangka Anak-anak Penduduk Asli di Kanada
PM Kanada sebut penemuan lebih dari 200 kerangka anak-anak yang dikubur di bekas sekolah asrama penduduk asli bukan insiden terpisah