UNTUK INDONESIA
Besok Salat Jumat Perdana di Masjid Agung Abdya Aceh
Besok, Masjid Agung Abdya, di Desa Seunaloh Kecamatan Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh
Masjid Agung Abdya yang terletak di Desa Seunaloh, Kecamatan Blangpidie, Aceh. (Foto: Tagar/Syamsurizal)

Aceh Barat Daya – Masjid Agung Abdya, di Desa Seunaloh Kecamatan Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh pada Jumat 21 Februari 2020 besok akan mengelar salat jumat perdana usai diresmikan oleh bupati setempat, Akmal Ibrahim, pada Selasa, 11 Februari 2020 lalu.

“Ia jumat ini kita mulai salat jumat pertama,” kata bupati Akmal Ibrahim kepada Tagar, Rabu, 19 Februari 2020.

Meski sudah diresmikan, lanjut Akmal, warga diminta untuk bersabar sebab masjid tersebut belum sepenuhnya sempurna. Di dalam masjid tidak ada pengeras yang memadai, belum ada pendingin ruangan (ac) dan taman. Hal itu juga menjadi sebab salat jumat di hari pertama pasca diresmikan tidak digelar.

“Masih banyak kekurangan, jadi kalau masih kurang sana sini, janganlah dijadikan bahan olok-olok,” ujar Akmal.

Akmal mengatakan, Dinas Syariat Islam sudah melakukan duduk bersama Imam Besar dewan imam dan perangkat Desa Seunaloh, Desa Lung Asan, Desa Guhang dan Desa Keude Siblah untuk bersepakat terkait pelaksanaan salat Jumat di Mesjid Agung Abdya.

Masih banyak kekurangan, jadi kalau masih kurang sana sini, janganlah dijadikan bahan olok-olok.

“Sudah sudah informasikan ke desa-desa sekitar masjid, nanti yang bertindak sebagai khatib perdana yaitu Imam Besar Tgk.H.Abdurrahman Badar,” kata Akmal.

Akmal menghimbau masyarakat jika ingin melaksanakan salat jumat di Masjid Agung dipersilahkan dan diharapkan untuk memaklumi jika masjid belum sempurna atau masih banyak kekurangan.

“Sayang, saya tak bisa hadir salat jumat perdana ini, sebab sedang bertugas di Jakarta, kalau masih kurang harap maklum, kita selesaikan tahun ini,” katanya. []

Baca juga: 

Berita terkait
Cegah Serangan Musuh, Aceh Butuh Pesawat Tempur
Aceh saat ini mulai membutuhkan pesawat tempur mengingat provinsi ini berbatasan langsung dengan negara lain.
Pesawat Tempur Turunkan Pesawat Asing di Aceh
Dua unit pesawat tempur jenis F-16 menurunkan paksa satu pesawat asing pengintai yang masuk wilayah Indonesia melalui Aceh tanpa izin.
Remaja Aceh Berbalut Tulang Karena Gizi Buruk
Supriadi, 24 tahun, salah seorang remaja asal Desa Purwodadi, Kecamatan Badar, Aceh Tenggara kondisinya sangat memprihatinkan.
0
Belasan Murid SD di Lutim Sulsel Dicabuli Gurunya
Seorang guru di Luwu Timur, Sulawesi Selatan ditangkap polisi karena mencabuli 11 muridnya.