UNTUK INDONESIA
Belum Selesai, Masjid Agung Abdya Dilirik Pengantin
Masjid Agung di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh mulai dilirik oleh banyak pasangan calon suami istri untuk melangsungkan akad nikah.
Eky, seorang fotografer dari Abdya sedang mengambil gambar pengantin di dalam Masjid Agung Abdya di Desa Seunaloh, Kecamatan Blangpidie. (Foto: Tagar/Syamsurizal)

Aceh Barat Daya – Masjid Agung di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh mulai dilirik oleh banyak pasangan calon suami istri baik untuk melangsungkan akad nikah, maupun untuk melakukan foto prewedding. Masjid ini mulai menjadi lokasi favorit meski belum seratus persen rampung dikerjakan.

Wajar saja, masjid yang terletak di Desa Seunaloh, Kecamatan Blangpidie ini menjadi primadona. Geliat keindahannya sudah dapat dilihat. Kemegahannya tampak seperti masjid-masjid megah di Arab Saudi.

Tekstur bangunan yang kokoh dan desainnya begitu indah membuat banyak kalangan senantiasa terpesona melihat bangunan ini. Saat melintas di jalan tepat di depan Masjid, sudah terlihat bangunan megah ini berdiri kokoh. Empat kubah besar dan kecil berwarna kuning menjadi penambah keindahan bangunan.

Masjid Agung AbdyaMasjid Agung Abdya yang terletak di Desa Seunaloh, Kecamatan Blangpidie, Aceh. (Foto: Tagar/Syamsurizal)

Banyak yang minta disini. Kalau dulu belum dibolehkan sebab sedang dalam pengerjaan.

Jika dilihat lebih dekat, terdapat empat pintu berukir campuran kayu dan logam berwarna emas. Dinding berukir itu memenuhi seluruh bangunan termasuk tiang penyangga yang begitu besar di dalam bangunan.

Ditemui Tagar, Eky, seorang fotografer asal Kecamatan Susoh membenarkan banyak kliennya mulai meminta agar prewedding dilakukan di Masjid Agung Abdya. Menurutnya, keinginan masyarakat atau calon pasangan pengantin melakukan itu lantaran masjid agung dinilai sangat indah nan megah.

“Banyak yang minta disini. Kalau dulu belum dibolehkan sebab sedang dalam pengerjaan,” kata Eky beberapa waktu lalu.

Masjid Agung AbdyaDua pria dewasa sedang melintas di depan empat pintu kayu berukir emas Masjid Agung Abdya. (Foto: Tagar/Syamsurizal)

Saat Tagar mengunjungi Masjid tersebut, kebetulan ada salah satu pasangan berkesempatan melakukan foto prewedding dilokasi, usai akad nikah pasangan itu langsung dijepret oleh Eky. ”Kebetulan ini. Ada yang nikah jadi kita foto terus,” kata Eky.

Menurutnya, Masjid Agung Abdya begitu berbeda. Dia menggaku terpukau dengan keindahan masjid itu. “Tentu sangat bangga. Masjidnya begitu indah. Desainnya luar biasa, sangat patut jadi kebangaan,” katanya.

Debby, salah satu warga setempat ditemui Tagar di lokasi, mengaku Masjid Agung tersebut sangat nyaman dilihat dari kemegahannya, ia berharap agar segera diselesaikan proses pembangunannya yang tinggal sedikit lagi. ”Seperti berada di masjid arab saya. Sungguh indah sekali,” kata Debby, keluarga pengantin perempuan asal Kabupaten Nagan Raya.

Masjid Agung AbdyaSuasana lokasi di dalam Masjid Agung Abdya di Desa Seunaloh, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya. (Foto: Tagar/Syamsurizal)

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman (Perkim) dan Lingkungan Hidup (LH) Abdya, Armayadi, menghimbau masyarakat untuk tidak dulu melakukan aktivitas di lokasi masjid. Himbauan ini dimaksudnya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sebab bangunan saat ini sedang dalam proses pengerjaan.

“Belum boleh (beraktivitas dalam masjid). Lagi pengerjaan. Akhir tahun sudah siap, kita himbau untuk sabar dulu,” katanya. []

Baca juga: 

Berita terkait
Perihnya Cambuk bagi Terpidana Zina di Aceh Singkil
Terpidana jinayah di Aceh Singkil saat menjalani hukuman cambuk terlihat selalu meringis menahan sakit.
Kesal Gara-gara Utang, Pedagang di Aceh Dibunuh
CM, 43 tahun, ibu rumah tangga asal Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Aceh ditangkap polisi karena membuhuh Baliana, 55 tahun.
Perayaan Natal di Subulussalam Mulai Dijaga Ketat
Kepolisian Subulussalam, Aceh mulai melakukan pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020 di sejumlah gereja.
0
Kim Ji In Digosipkan Pacaran dengan Jaemin NCT Dream
Personel boyband NCT Dream, Jaemin, saat ini tengah diterpa rumor yang menyebutnya sedang berpacaran dengan Kim Ji In.