Berencana Mendaki? Simak 5 Tips Sebelum Kalian Pergi Mendaki

Mendaki merupakan suatu kegiatan yang bisa dilakukan oleh sebagian anak muda di waktu liburannya. Simak tips sebelum kalian pergi mendaki.
Ilustrasi - Pendaki gunung. (Foto: Tagar/Unsplash/@von_co)

Jakarta – Mendaki merupakan suatu kegiatan yang bisa dilakukan oleh sebagian anak muda di waktu liburannya. Namun perlu kalian ketahui jika mendaki memerlukan banyak tenaga dan persiapan agar semuanya berjalan dengan lancar.

Sebagai salah satu kegiatan yang bisa dibilang cukup berbahaya, kalian harus bisa memastikan beberapa hal penting sebelum melakukan pendakian. 

Namun, perlu kalian ketahui meskipun kalian telah mempersiapkan segala hal dengan baik terkadang ada hal yang terjadi diluar dugaan. Oleh karena itu simak beberapa hal ini yang sebaiknya kalian persiapkan sebelum melakukan pendakian.


1. Pahami lokasi pendakian

Meskipun sama-masa mendaki gunung, namun perlu kalian ketahui jika setiap gunung memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Oleh karena itu sebaiknya kalian memahami karakteristik gunung yang akan kalian daki supaya persiapkan yang kalian lakukan bisa maksimal.

Mengetahui rute, ketinggian, perizinan dan kondisi alam sangatlah disarankan agar pendakian kalian berjalan dengan lancar. Kalian juga sebaiknya mengetahui aturan umum di seluruh lokasi pendakian seperti larangan dan anjuran.


2. Persiapkan fisik

Umumnya seorang pendaki memerlukan waktu beberapa hari dalam melakukan satu kali pendakian. Selain kelelahan tekanan yang diberikan pada ketinggian tertentu juga bisa membuat tubuh kalian dalam bahaya jika tak sanggup.

Oleh sebab itu sebaiknya kalian melakukan beberapa olahraga ringan sebelum melakukan pendakian. Selain itu sebaiknya kalian juga mempelajari teknik pernapasan agar tak cepat lelah selama melakukan pendakian.


3. Bawa perlengkapan penting

Selain membawa bekal, sebaiknya kalian membawa perlengkapan penting sebagai penunjang pendakian. Peralatan seperti korek, gps, pisau hingga p3k sebaiknya kalian persiapkan dan letakan pada tempat yang mudah dijangkau.

Tujuan dari peletakan yang mudah dijangkau supaya jika dalam keadaan mendesak kalian bisa langsung mengeluarkan alat tersebut dengan cepat. Dan perlu kalian ingat jika jaringan ponsel pada pegunungan sangatlah buruk sehingga kalian mungkin tidak bisa menggunakannya.


4. Pelajari teknik kesehatan

Masih bisa datang kapan saja dan dimana saja, oleh sebab itu sebaiknya kalian mempersiapkan diri dengan mempelajari tindakan pertolongan pertama. Umumnya pertolongan pertama yang kurang dibutuhkan para pendaki adalah luka gores dan hipotermia karena cuaca.

Dengan mempelajari tindakan pertolongan pertama, kalian bisa membantu teman kalian atau bahkan diri kalian sendiri ketika pergi mendaki. Sebaiknya kalian juga mempersiapkan obat-obatan untuk menangani luka ringan dan obat khusus jika kalian mempunyai riwayat penyakit.


5. Usahakan berkelompok

Meskipun kalian sudah biasa melakukan pendakian di gunung, namun sangat disarankan kalian mendaki secara berkelompok. Hal ini bertujuan agar kalian lebih aman dan meminimalisir hal tak terduga yang terjadi.

Setiap pendaki akan menolong pendaki lainnya jika mengalami kesulitan oleh sebab itu jika kalian pergi mendaki seorang diri, usahakan mencari rombongan untuk melakukan pendakian bersama. Hal ini juga bertujuan untuk memastikan diri kalian aman dan selamat selama pendakian berjalan.

(Dimas Rafika)

Berita terkait
5 Tips Cara Membawa Hewan Peliharaan Saat Berwisata
Pikirkan tips-tips ini, agar perjalanan lebih mudah bagi semua orang walaupun membawa hewan peliharaan saat berliburan.
Cara Kemenparekraf Kejar Vaksinasi Pelaku Pariwisata
Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif serta masyarakat lainnya.
Cara Aman - Nyaman Berwisata dan Staycation di Yogyakarta
Meski masih pagebluk, berwisata dan staycation bukan hal mengkhawatirkan, termasuk menginap di hotel. Begini cara tiket.com agar aman dan nyaman.
0
Berencana Mendaki? Simak 5 Tips Sebelum Kalian Pergi Mendaki
Mendaki merupakan suatu kegiatan yang bisa dilakukan oleh sebagian anak muda di waktu liburannya. Simak tips sebelum kalian pergi mendaki.