UNTUK INDONESIA
Cara Menjaga Badan Tetap Sehat Saat Mendaki Gunung
Era new normal sekarang ini, sejumlah gunung di Indonesia sudah membuka jalur pendakiannya. Berikut cara menjaga badan tetap sehat selama mendaki.
Ilustrasi Mendaki Gunung. (Foto: Pixabay/riyan_hidayart)

Jakarta - Era new normal sekarang ini, sejumlah gunung di Indonesia sudah mulai membuka jalur pendakiannya bagi pengunjung. Sebelum hendak memulai pendakian, pastikan badan tetap sehat dan bugar. Menyiapkan fisik yang memadai sangatlah penting agar aktivitas mendaki gunung bisa berjalan lancar tanpa hambatan. 

Kegiatan mendaki gunung memang bukan hanya mempersiapkan perlengkapan barang-barang saja, tetapi yang terutama dan sangat penting untuk diperhatikan yaitu kesehatan fisik. Ini adalah salah satu cara menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat dalam menjalani aktivitas mendaki. 

Berikut Tagar rangkum dari berbagai sumber mengenai cara menjaga badan tetap sehat saat mendaki. 

1. Cukupkan Kebutuhan Tidur 

Sebelum hendak pergi mendaki gunung, ada baiknya Anda tetap memperhatikan kebutuhan jam tidur atau istirahat setiap malamnya. Pastikan tubuh bisa beristirahat atau tidur setiap malamnya sekitar 7 hingga 8 jam. 

Dengan begitu tubuh akan lebih fit dan segar untuk esok harinya. Bila Anda bisa menjaga kualitas jam tidur, tentu akan membuat tubuh tetap sehat dan stamina tetap terjaga dengan baik. 

2. Latihan Fisik atau Berolahraga Satu Bulan Sebelum Mendaki

Sebelum hendak mendaki gunung, mempersiapkan kekuatan fisik juga tidak kalah pentingnya. Sehingga memastikan tubuh tetap sehat, Anda harus menjalankan olahraga atau latihan fisik selama kurang lebih satu bulan sebelum mendaki. Anda bisa melakukan latihan kardio atau lari selama kurang lebih satu jam secara rutin setiap harinya. Kegiatan fisik (olahraga) ini akan melatih tubuh Anda tidak mudah lelah ketika mendaki gunung nantinya. 

3.  Pastikan Tubuh Terhidrasi 

Ketika Anda hendak mendaki, tubuh harus selalu terhidrasi agar tidak kekurangan cairan. Bila tubuh sudah dehidrasi, pastinya akan memperburuk kondisi kesehatan tubuh Anda sehingga kegiatan mendaki gunung akan terganggu. 

Mencegah dehidrasi itu, Anda bisa minum air putih secukupnya sepanjang perjalanan pendakian. Saat mendaki, Anda bisa minum air sekitar 6 hingga 8 liter per hari untuk menjaga cairan tubuh. Mengatasi hal ini, Anda perlu membawa air minum yang cukup selama Anda mendaki gunung. 

Ingat, Anda jangan minum kopi atau cokelat saat pendakian karena minuman itu bisa mempercepat dehidrasi. Minuman ini bisa dikonsumsi ketika Anda hendak beristirahat dan saat mendirikan tenda. Hal ini harus diperhatikan dengan baik demi menjaga badan tetap sehat dan bugar.

4. Pakaian yang Nyaman

Saat hendak mendaki pastikan Anda mengenakan pakaian yang nyaman. Jangan lupa pakaian yang dikenakan harus sesuai dengan kondisi pegunungan agar tidak menghambat ruang gerak Anda saat mendaki. 

Baju lengan panjang dan jaket gunung waterproof sangat penting Anda pakai untuk mendaki. Jenis pakaian ini bisa menjaga tubuh dari cuaca dingin hingga panas atau hujan, serta gangguan lainnya yang bisa melukai Anda selama mendaki seperti serangga, ranting pohon, dan sebagainya. Anda juga disarankan memakai baju yang menyerap keringat dan ringan untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet.

5. Membawa Bekal Cukup dan Konsumsi Makanan Sehat

Sebelum hendak mendaki gunung, Anda harus mempersiapkan bekal yang cukup selama perjalanan pendakian. Pastikan ransel yang Anda pakai cukup besar untuk menaruh segala kebutuhan pendakian. 

Pastikan bekal yang akan dibawa untuk mendaki gunung memiliki gizi yang seimbang. Jangan sekadar konsumsi mi instan saja, karena makanan itu hanya membuat Anda kenyang tetapi gizi tidak terpenuhi. 

Khusus buat camilan yang akan dibawa untuk mendaki, disarankan Anda cukup menggantinya dengan buah-buahan saja. Buah pisang bisa Anda konsumsi selama pendakian karena buah tersebut memiliki kandungan vitamin dan karbohidrat kompleks yang diperlukan tubuh. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh selama mendaki. []

Baca juga:

Berita terkait
Lima Olahraga Ringan Sebelum Mendaki Gunung
Kegiatan 'berbau' alam saat ini banyak diminati masyarakat. Termasuk mendaki gunung. Ada olahraga ringan agar pendakian berjalan mulus.
Tips Mendaki Gunung dengan Aman
Mendaki gunung kini menjadi salah satu kegemaran milenial. Dalam menjalaninya perlu memerhatikan keamanan dan keselamatan.
Empat Trik Mengatasi Kelelahan Saat Mendaki Gunung
Mendaki gunung salah satu jenis olah raga yang membutuhkan tenaga ekstra. Untuk itu dalam mengatasi kelelahan perlu melakukan ritual tersendiri.
0
Cara Menjaga Badan Tetap Sehat Saat Mendaki Gunung
Era new normal sekarang ini, sejumlah gunung di Indonesia sudah membuka jalur pendakiannya. Berikut cara menjaga badan tetap sehat selama mendaki.