Benarkah Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Nanas?

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi, ibu hamil pada umumnya membutuhkan 85 mg asupan vitamin C dalam sehari.
Nanas (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Ada beragam mitos saat hamil yang sering ibu dengar, salah satunya adalah bahaya mengonsumsi nanas. Mitos yang tersebar di masyarakat, nanas bisa memicu keguguran atau persalinan dini. 

Bolehkah ibu hamil makan nanas? Berikut penjelasan seputar makan nanas saat hamil dari sisi kesehatan.

Nanas mengandung enzim bromelain yang bekerja memecah protein dalam tubuh. Pada ibu hamil, janin yang sedang bertumbuh terdiri dari sel protein sederhana. Sebagian orang beranggapan asupan bromelain dapat menyebabkan perdarahan dan keguguran.

Meski dalam jumlah kecil tidak membahayakan nyawa janin, sebaiknya ibu hamil memang menghindari konsumsi nanas dalam jumlah banyak atau menghindarinya sama sekali jika memiliki perut yang sensitif. 

Sebab, asam dalam nanas dapat menyebabkan perut mulas dan menaikkan asam lambung. Jika mengonsumsi jus nanas yang belum cukup matang, bromelain yang terkandung bisa menyebabkan diare.

Selain itu, bromelain juga dianggap bisa merangsang leher rahim untuk melunak dan longgar sehingga dapat memicu kelahiran bayi prematur. Dugaan ini tidak sepenuhnya salah. 

Bromelain dalam bentuk tablet atau kapsul suplemen, memang tidak baik ibu hamil konsumsi. Benar bahwa bromelain memecah protein dalam tubuh yang dapat memicu kontraksi dini sampai perdarahan abnormal.

Oleh karena itu bisa meningkatkan risiko keguguran. Nanas memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk ibu hamil.

Makan nanas saat hamil bisa memberikan dorongan nutrisi bagi janin dalam kandungan untuk bisa bertumbuh kembang dengan optimal.

Berdasarkan rekomendasi U.S Department of Agriculture, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi nanas sebanyak 165 gram dalam satu hari. Satu porsi nanas potong segar mengandung lebih 21 mg vitamin C yang bermanfaat untuk produksi kolagen.

Mengutip dari Oregon State University, kolagen berperan dalam pertumbuhan kulit, tulang, tulang rawan, jantung, dan tendon bayi janin. Selain untuk janin, vitamin C juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh selama kehamilan.

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi, ibu hamil pada umumnya membutuhkan 85 mg asupan vitamin C dalam sehari. Jadi bukannya tidak boleh mengkonsumsi nanas saat hamil, tapi perhatikan porsi saat memakan nanas tidak boleh berlebihan saat memakan nanas.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
Ibu Hamil Harus Pahami Ini Jika Ingin Melahirkan di Rumah
Apakah melakukan home birth di tengah pandemi Covid-19 merupakan pilihan yang lebih baik?
5 Manfaat Telur untuk Ibu Hamil
Telur adalah sumber protein dan kolin yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang janin.
Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Pijat Kehamilan
Banyak terapis pijat kehamilan menghindari memijat wanita hamil pada trimester pertama karena dapat meningkatkan risiko keguguran.
0
Benarkah Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Nanas?
Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi, ibu hamil pada umumnya membutuhkan 85 mg asupan vitamin C dalam sehari.