5 Manfaat Telur untuk Ibu Hamil

Telur adalah sumber protein dan kolin yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang janin.
Hamil (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Manfaat telur untuk ibu hamil tidak perlu diragukan lagi. Selain nikmat dikonsumsi, bagian kuning maupun putih telur sama-sama mengandung gizi yang dibutuhkan untuk kesehatan ibu dan janin. Lalu, manfaat apa saja yang bisa Bumil dapatkan dari mengonsumsi telur?

Telur adalah sumber protein dan kolin yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang janin. Tidak hanya itu, telur juga mengandung beragam nutrisi penting lainnya, seperti lemak, asam folat, selenium, fosfor, zinc, kalsium, serta vitamin A, B2, B5, B6, B12, D, E, dan K.

Ini lah 5 manfaat telur untuk ibu hamil.

1. Kaya Protein

Moms, manfaat telur rebus untuk ibu hamil yang pertama karena kandungan protein sangat penting untuk perkembangan Si Kecil dalam kandungan agar sehat karena setiap sel janin terbuat dari protein.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Di tengah pandemi seperti sekarang, daya tahan tubuh yang kuat penting untuk dimiliki, sebab ibu hamil rentan mengalami infeksi. Kandungan protein dan beberapa jenis vitamin pada telur dibutuhkan untuk membentuk komponen sistem imun yang berkualitas.

Selain itu, telur juga merupakan sumber selenium yang baik, lho. Mineral yang juga merupakan antioksidan ini memiliki peran yang besar dalam meningkatkan respons sel imun tubuh, sehingga tubuh dapat melawan infeksi dengan lebih baik.

3. Menambah Zat Besi

Jika ingin merasa berenergi selama kehamilan, perlu menjaga asupan zat besi.Zat besi adalah nutrisi yang penting dibutuhkan untuk ibu hamil dan juga janin.

Tubuh menggunakan zat besi untuk membuat darah ekstra untuk Moms dan bayi selama kehamilan.

4. Kaya Kandungan Vitamin D

Manfaat telur rebus untuk ibu hamil selanjutnya yakni dapat meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh.

Melansir dari studi yang diterbitkan di National Center for Biotechnology Information, telur rebus kampung memiliki nutrisi lebih baik dibandingkan telur ayam biasa.

5. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Meski jarang terjadi, sebagian ibu hamil berisiko lebih tinggi untuk mengalami osteoporosis. Oleh karena itu, Bumil harus mengonsumsi makanan sumber kalsium guna mencukupi kebutuhan harian.

Telur adalah salah satu sumber kalsium dan vitamin D yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi ibu hamil. Selain itu, mineral ini juga penting untuk menunjang kontraksi otot dan proses pembekuan darah, yang keduanya sangat dibutuhkan selama persalinan.

Itulah lima manfaat telur untuk ibu hamil yang tidak boleh dilewatkan. Karena khasiatnya yang luar biasa bagi ibu dan janin.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
7 Makanan yang Bisa Dikonsumsi saat Hamil
Kali ini ada tujuh makanan yang bisa dikonsumsi agar janin tetap sehat dan berkembang, simak penjelasannya berikut ini.
Perawatan dan Manajemen Infeksi HIV Selama Kehamilan
HIV dapat menyebabkan komplikasi kehamilan seperti lahir mati, berat badan lahir rendah dan kelahiran prematur.
Pacar Valentino Rossi Umumkan Kehamilannya di Instagram
Pacar Valentino Rossi, Francesca Sofia Novello mengumumkan kehamilan hasil buah cinta kedua di Instagram.
0
5 Manfaat Telur untuk Ibu Hamil
Telur adalah sumber protein dan kolin yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang janin.