Begini Cara Menteri Sandi Kembangkan UMKM Lokal

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memaparkan kiat-kiat sukses mengembangkan bisnis di masa pandemi Covid-19. Ini caranya.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Tagar/Kemenparekraf)

Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memaparkan kiat-kiat sukses mengembangkan bisnis di masa pandemi Covid-19 bersama pendiri brand kosmetik lokal, MS Glow.

"Kita perlu berkolaborasi dengan (platform digital) yang sudah hadir, serta kita manfaatkan produk anak-anak bangsa," kata Sandiaga dikutip dari keterangan tertulisnya, Senin, 13 Desember 2021.

"Kita bekerja sama (dengan platform digital) dan kita pastikan kepentingan dan keberpihakan kepada para UMKM lokal yang mendorong produk-produk buatan anak bangsa sehingga akan ada peningkatan peluang untuk penciptaan lapangan kerja. Karena UMKM dan ekonomi kreatif adalah pencipta 20 juta lapangan kerja," ucapnya.


Jadi kalaupun kita tidak bisa jadi yang pertama kita bisa jadi yang berbeda dan memberikan value terhadap produk kita.


Dalam acara malam puncak Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) di Mal Gandaria City, Jakarta Selatan, Sabtu, 11 Desember 2021. Sandiaga bersama pendiri MS Glow, Gilang Widya Pramana dan Shandy Purnamasari, menjelaskan pelaku ekonomi kreatif perlu menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengembangkan bisnisnya. Salah satunya dengan platform-platform digital.

Sementara itu, Gilang Widya Pramana selaku co-owner MS Glow mengatakan dalam menjalankan bisnisnya, pelaku ekonomi kreatif perlu menjadi pionir. Diketahui, MS Glow yang didirikan pada 2013 ini telah memanfaatkan platform digital sejak awal mula berdiri.

"Dulu tahun 2013 ketika belum ada orang-orang yang berjualan secara online, kita sudah mulai jualan (online) sebelum ada marketplace. Kemudian kita pionir karena menggunakan jaringan seller, bukan retail. Sekarang jumlah seller MS Glow itu sudah lebih 90 ribu (seller)," ujar Gilang.

Sementara, Shandy Purnamasari menambahkan, selain menjadi pionir, para pelaku ekonomi kreatif juga harus memasarkan produk-produk yang telah teruji dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

"Supaya kita tahu review-nya, supaya kita bisa dapat banyak insight. Jadi kalaupun kita tidak bisa jadi yang pertama, kita bisa jadi yang berbeda dan memberikan value terhadap produk kita," ucap Shandy.

Pada kesempatan yang sama, Menparekraf Sandiaga juga memberikan penghargaan terhadap sejumlah pelaku ekonomi kreatif yang menjadi pemenang dalam acara AKI 2021 yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf. []

Berita terkait
Teten Minta UMKM Perkuat Kemitraan dengan Usaha Besar
Meknkop UKM Teten Masduki meminta Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) terus perkuat kemitraan, sinergi, dan kolaborasi dengan usaha besar.
Mayoritas Muslim, MUI: Mari Dorong Industri Halal UMKM
Ketua MUI Bidang Ekonomi Lukmanul Hakim ingatkan masyarakat dan pemerintah untuk terus mendorong industri halal Indonesia pada sektor UMKM.
Menkeu Sambut Baik Upaya Google dalam Membangun UMKM
Kemenkeu Sri Mulyani menyambut baik upaya google dalam melakukan pembangunan dan pemberdayaan UMKM nasional di Indonesia. Simak ulasan lengkapnya.
0
Elon Musk Sebut Pabrik Mobil Baru Tesla Rugi Miliaran Dolar
Pabrik mobil baru Tesla di Texas dan Berlin alami "kerugian miliaran dolar" di saat dua pabrik kesulitan untuk meningkatkan jumlah produksi