Harta Kekayaan Sandiaga Uno Turun Setelah Menjabat Menteri

Salah satunya menteri yang hartanya turun drastis adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Tagar/Instagram/@sandiuno)

Jakarta - Harta sejumlah menteri yang tergabung di Kabinet Indonesia Maju tercatat turun berdarah-darah dan ada pula yang meningkat selama beberapa tahun terakhir. Salah satunya menteri yang hartanya turun drastis adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilihat di situs e-LHKPN KPK, Rabu, 9 September 2021, jumlah harta Sandiaga tercatat turun Rp 1,2 triliun dalam 2 tahun. Sandiaga Uno mengaku tidak pernah menghitung hartanya Dia bersyukur atas apa yang didapatkan selama ini.

Sandiaga Uno mengalami penurunan harta kekayaan selama menjabat di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Ia melaporkan hartanya per 30 Desember 2020 senilai Rp 3.815.767.386.190.

Padahal saat mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden, harta Sandiaga Uno mencapai Rp 5.099.960.524.965. Itu artinya harta Sandiaga Uno anjlok hingga Rp 1.284.193.138.775. Kendati mengalami penurunan hingga 1 triliun, Sandiaga Uno tetap menduduki posisi menteri Jokowi yang hartanya paling banyak.Meski masih kaya raya, sejatinya harta Sandiaga sebelumnya jauh lebih banyak. Dua tahun lalu,  berdasarkan LHKPN yang diserahkan pada 13 Agustus 2018, harta Sandiaga menembus Rp 5 triliun, Saat itu ia menjadi calon wakil presiden yang berpasangan dengan Prabowo Subianto yang kini menjabat Menteri Pertahanan.

Padahal saat mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden, harta Sandiaga Uno mencapai Rp 5.099.960.524.965. Itu artinya harta Sandiaga Uno anjlok hingga Rp 1.284.193.138.775. Kendati mengalami penurunan hingga 1 triliun, Sandiaga Uno tetap menduduki posisi menteri Jokowi yang hartanya paling banyak.

Mantan Cawapres RI ini menegaskan, fokusnya saat ini memberi kontribusi semaksimal mungkin di sektor pariwisata. Apalagi, sektor ini sangat terdampak akibat pandemi Covid-19.

KPK mengungkapkan ada 58 persen menteri di Kabinet Indonesia Maju yang kekayaannya bertambah lebih dari Rp 1 miliar. Sementara itu, 26 persen menteri kekayaannya bertambah kurang dari Rp 1 miliar dan hanya 3 persen pembantu Presiden Joko Widodo itu yang melaporkan kekayaannya turun.Sebagaimana diketahui, bahwa baru-baru ini KPK mempublikasikan terkait LHKPN sejumlah pejabat negara di tataran menteri kabinet. Lembaga anti korupsi tersebut mencatat adanya pejabat negara yang mengalami kenaikan dan penurunan jumlah harta kekayaan selama pandemi.

KPK mengungkapkan ada 58 persen menteri di Kabinet Indonesia Maju yang kekayaannya bertambah lebih dari Rp 1 miliar. Sementara itu, 26 persen menteri kekayaannya bertambah kurang dari Rp 1 miliar dan hanya 3 persen pembantu Presiden Joko Widodo itu yang melaporkan kekayaannya turun.

(Azzahrah Dzakiyah Nur Azizah)

Berita terkait
Sandiaga Uno Buat Sayembara untuk Nama Objek Wisata di Riau
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno membuat sayembara untuk penamaan objek wisata di sekitar kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Riau.
Sandiaga Gandeng PNM Permudah Permodalan bagi Pelaku Kreatif
Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan akan meningkatkan kolaborasi dengan PNM untuk permudah permodalan bagi pelaku ekonomi kreatif di Indonesia.
Sandiaga: Destinasi Wisata Siap Sambut Wisatawan Vaksinasi
Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif siap untuk menyambut wisatawan yang telah divaksinasi.
0
Harta Kekayaan Sandiaga Uno Turun Setelah Menjabat Menteri
Salah satunya menteri yang hartanya turun drastis adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.