AKI 2021, Sandiaga: Bisnis Terbaik Mampu Melewati Krisis

Menparekraf Sandiaga Uno memberikan pesan bahwa di masa pandemi bisnis terbaik adalah bisnis yang mampu melewati sebuah krisis apapun.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno dalam acara Creative Talk Show Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021 di kanal YouTube Kemenparekraf. (Foto: Tagar/Rana)

Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno memberikan pesan bahwa di masa pandemi dan di tengah krisis ekonomi saat ini, bisnis terbaik adalah bisnis yang mampu melewati sebuah krisis.

“Sekarang masa susah, betul? Sekarang dibilang adalah pandemi sebetulnya adalah krisis ekonomi, betul? Tapi believe me, the best business is the one that’s starts and endure crisis. Bisnis terbaik adalah bisnis yang mampu melewati krisis,” pesan Sandiaga Uno dalam Creative Talk Show Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021 yang disiarkan live di kanal YouTube Kemenparekraf pada dilihat, Kamis, 25 November 2021.


Anda adalah pemenang pandemi ini Anda semua sudah membanggakan kota Makasar mari kita bangun ekosistem industri kreatif di Makasar.


Sandiaga juga sempat bercerita mengenai dirinya yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di tahun 1997 hingga dirinya membuat usaha kecil. Ia juga mengaku bahwa usaha mikro miliknya itu sempat mendapatkan banyak cobaan hingga akhirnya dapat bertumbuh kembang.

“Akhirnya melalui jatuh bangun beberapa periode bisa tumbuh berkembang. Alhamdulillah, usaha kami sekarang sudah menjadi perusahaan investasi salah satu terbesar di Asia Tenggara dengan 30.000 karyawan,” ujar Sandiaga.

Melalui cerita tentang bisnisnya itu, Sandiaga menyemangati para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Ia meyakinkan bahwa para pelaku usaha juga bisa sukses seperti usaha miliknya karena saat ini perekonomian telah dibantu oleh kehadiran teknologi.

“You can do it. Kalian juga bisa karena UMKM di sini sangat kreatif dan sekarang sudah teknologi, sudah ada digitalisasi. Zaman saya belum ada teknologi, belum ada digitalisasi,” katanya.

Dengan diselenggarakannya acara Apresiasi Kreasi Indonesia yang menghadirkan etalase lengkap dengan bootcamp, pameran, dan ekshibi, Sandiaga Uno meyakinkan bahwa AKI juga memastikan produk-produk dari para pelaku UMKM dapat menjadi produk yang bukan hanya nasional, tapi juga menjadi top global.

“Anda adalah pemenang pandemi ini, Anda semua sudah membanggakan kota Makasar, mari kita bangun ekosistem industri kreatif di Makasar. Bantu Pak Wali dan kita hadirkan ekonomi gerbang Indonesia Timur di mulai di Kota Makassar,” ucapnya.

Sementara itu, Creative Talk Show Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 juga diselenggarakan secara langsung di Kota Makassar. Acara ini dihadiri oleh 6 sub-sektor ekonomi kreatif, yaitu kuliner, fashion, kriya atau kerajinan tangan, film, musik, dan digital.

(Rana Maheswari Ummairah)

Berita terkait
Meningkatnya Wisatawan, Sandiaga: Covid-19 Masih Terkendali
Menperakraf RI Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa Covid-19 masih terkendali dengan aman meski jumlah wisatawan kembali meningkat.
Bali Terima Wisman, Sandiaga: Kesehatan Jadi Syarat Utama!
Manparekraf Sandiaga Uno membuka secara resmi penerbangan internasional Bali dan menekankan pentingnya kesehatan wisatawan mancanegara.
Sandiaga Uno Sebut 2 Pilar Penting Risk-taking Entrepreneur
Menparekraf Sandiaga Uno menyebutkan ada dua hal yang menjadi pilar penting risk-taking para entrepreneur, yakni ‘sense of security’.
0
AKI 2021, Sandiaga: Bisnis Terbaik Mampu Melewati Krisis
Menparekraf Sandiaga Uno memberikan pesan bahwa di masa pandemi bisnis terbaik adalah bisnis yang mampu melewati sebuah krisis apapun.