UNTUK INDONESIA
Bayi Laki-laki Dibuang di Rumah Warga di Tegal
Bayi laki-laki ditemukan di rumah warga di Desa Kesuben, Tegal, Jawa Tengah. Bayi yang baru saja lahir itu diduga dibuang oleh orang tuanya
Ilustrasi bayi. (Foto: Pixabay/Rainer Maiores)

Tegal - Sesosok bayi ditemukan di rumah salah satu warga di Desa Kesuben, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Polisi memburu pelaku yang diduga sengaja membuang bayi berjenis kelamin laki-laki itu.

Bayi ditemukan di dalam kamar rumah milik Rohmah, 68 tahun, warga RT 2 RW 5 Desa Kesuben, Rabu 13 November 2019 sekitar pukul 15.0‎0 WIB. Kondisi bayi saat ditemukan terbungkus kain di atas kasur dan masih terdapat tali pusar.

"Saya lagi ambil pakaian yang sedang dijemur. Balik ke kamar kaget ada yang gerak-gerak di bawah tumpukan pakaian. Saya cek ternyata ada bayinya," kata Rohmah, Kamis 14 November 2019. 

Temuan bayi diberitahukan Rohmah ke warga lain. Warga kemudian melaporkan ke perangkat desa dan diteruskan ke polisi. Sementara bayi dibawa ke Puskesmas‎ Lebaksiu untuk mendapat perawatan.

Hari ini bayi sudah dibawa dari puskemas ke RSUD dr Soeselo Slawi agar penanganannya lebih baik.

Kepala Satuan‎ Reserse Kriminal Polres Tegal AKP Gunawan Wibisono mengatakan penyelidikan masih dilakukan untuk mencari tahu pelaku yang menaruh bayi tersebut.

"Masih kami selidiki pelaku yang diduga sengaja menaruh bayi di dalam rumah warga," kata dia. 

Gunawan mengungkapkan sebelum menemukan bayi, pemilik rumah kedatangan tamu, pasangan suami istri beserta anaknya. Keluarga itu menginap sejak Selasa 12 November 2019 dan pulang keesokan harinya.

Saat datang hingga pamit, mereka tidak tampak membawa ‎bayi. Begitu juga si istri yang tidak terlihat sedang hamil. "Pemilik rumah dan tamu itu saling kenal. Tapi baru bertemu lagi," ujar Gunawan.

Polisi belum bisa menyimpulkan apakah bayi itu terkait dengan tamu Rohmah atau bukan. "Kami masih menyelidiki apakah tamu itu yang menaruh‎ bayi atau ada orang lain yang sengaja masuk ke rumah saat kondisi sepi untuk menaruh bayi," jelas dia.

Ditambahkan Gunawan, saat pertama kali ditemukan kondisi bayi masih hidup. Bayi malang itu diperkirakan belum lama dilahirkan dari sejak ditemukan karena tali pusarnya masih menempel.

"Hari ini bayi sudah dibawa dari puskemas ke RSUD dr Soeselo Slawi agar penanganannya lebih baik. Kondisi bayi agar sehat kami prioritaskan dulu," ujarnya. []

Baca lainnya:

Berita terkait
Ahok Ungkap Nama Bayi dalam Kandungan Puput
Ahok kini tengah menantikan kelahiran anaknya yang dikandung Puput Nastiti Devi. Pria asal Belitung itu sudah menyiapkan sebuah nama.
Enam Tips Berlibur Sembari Membawa Bayi
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar rencana liburan sambil membawa bayi tidak berantakan.
Beda Manfaat Mandi Air Hangat Orang Dewasa dan Bayi
Berada di lokasi yang dingin seperti di kawasan pegunungan mandi dengan air hangat suatu pilihan yang mengasyikkan.
0
Bappenas: Indonesia Memerlukan Tata Kelola Perikanan yang Terintegrasi
Bappenas menggelar Workshop Perikanan Berkelanjutan dalam Mendukung Percepatan Pembangunan Ekonomi Nasional, di Bali, 11-12 Desember 2019.