UNTUK INDONESIA
Beda Manfaat Mandi Air Hangat Orang Dewasa dan Bayi
Berada di lokasi yang dingin seperti di kawasan pegunungan mandi dengan air hangat suatu pilihan yang mengasyikkan.
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Berada di lokasi yang dingin seperti di kawasan pegunungan mandi dengan air hangat suatu pilihan yang mengasyikkan. 

Akan tetapi, berbeda dengan anak-anak yang mandi air hangat punya manfaat lain. Anak-anak mandi air hangat berhubungan dengan kelembapan kulit.

Dokter ahli kulit Srie Prihianti Gondokaryono mengatakan mandi dengan air hangat dapat membantu menjaga kelembapan kulit karena suhu air yang terlalu dingin dan terlalu panas akan membuat kulit jadi kering.

dr Srie mengatakan mandi air hangat juga membantu bayi meregulasi suhu tubuh. Efek relaksasi yang dirasakan orang dewasa juga berlaku pada bayi setelah mandi air hangat.

"Sehingga bayi dapat beristirahat dan tidur nyenyak," kata Srie dalam keterangan pers dari Ariston, Jumat, 4 Oktober 2019, dikutip dari Antara, Selasa, 8 Oktober 2019.

Di Indonesia yang termasuk negara tropis, mandi dua kali sehari penting untuk kesehatan dan kebersihan karena cuaca membuat kulit senantiasa berkeringat.

Srie melanjutkan, suhu air mandi yang ideal adalah yang sesuai dengan suhu tubuh, yakni 36-37 derajat celsius. Jika perlu, ketahui suhu air dengan alat ukur yang pasti, bukan cuma mengandalkan perasaan ketika memanaskan air dengan cara memasak di kompor. []

Berita terkait
Tujuh Manfaat Mandi Pakai Air Hangat
Setelah seharian melakukan rutinitas yang padat, mandi dengan air hangat merupakan solusi yang tepat untuk menghilangkan rasa lelah dan penat.
Penderita Asma Kulit Jangan Mandi Air Hangat
dr Anthony Handoko menyarankan penderita asma kulit atau dermatitis atopik untuk tidak mandi air hangat.
Kuat Berpuasa dengan Minum Air Hangat
Minum air hangat salah satu cara agar kuat menjalankan ibadah puasa, bila dilakukan saat menutup sahur.
0
Sekjen NasDem: Soal Kabinet, Itu Kewenangan Presiden
Pertemuan Prabowo Subianto dengan Surya Paloh tidak membicarakan soal koalisi, opsisi dan jatah menteri karena merupakan kewenangan presiden