Banjir di Blora Rendam Ratusan Rumah Warga di Tujuh Desa

Hujan deras membuat Sungai Ngareng, Blora, meluap. Imbasnya, ratusan rumah warga di tujuh desa dan kelurahan di sekitarnya terendam banjir.
Banjir yang terjadi di Blora pada Jumat malam, 8 Januari 2021. Ratusan rumah warga terdampak. Terkini, banjir mulai surut. (Foto: Tagar/Istimewa)

Blora - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Blora, Jawa Tengah, pada Jumat malam, 8 Januari 2020 mengakibatkan ratusan rumah di tujuh desa dan kelurahan di Kecamatan Cepu tergenang banjir. Ketinggian banjir bahkan ada yang mencapai 1,25 meter.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora, Hadi Praseno melalui Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Agung Tri mengatakan banjir menggenangi sejumlah wilayah di Kecamatan Cepu.

Hujan deras, sungai tidak dapat menampung debit air. Akhirnya ya meluap ke permukiman warga.

Dari data yang dihimpun BPBD Blora, terhitung ada tujuh desa dan kelurahan yang terendam banjir. Tujuh daerah tersebut adalah Kelurahan Cepu, Balun, Karangboyo, Ngelo, Ngroto, Tambakromo, dan Desa Mulyorejo.

"Ketinggian air banjir bervariasi mulai 25 - 125 sentimeter. Banjir paling parah terjadi di Kelurahan Balun dan Cepu," katanya, Sabtu, 9 Januari 2021.

Banjir di Kelurahan Balun menggenangi setidaknya 205 rumah warga. Dengan ketinggian mulai 30 - 125 sentimeter. Sementara untuk banjir di Kelurahan Cepu menggenangi 150 rumah warga dengan ketinggian air antara 30 - 100 sentimeter.

Baca juga: 

Menurut dia, banjir bandang terjadi saat hujan deras mengguyur wilayah Blora kemarin sekira pukul 18.30 WIB. Banjir bandang ini disebabkan oleh luapan Sungai Ngareng yang melintasi tujuh desa tersebut.

"Hujan deras, sungai tidak dapat menampung debit air. Akhirnya ya meluap ke permukiman warga. Korban jiwa tidak ada," imbuhnya.

Terkini, banjir di Kecapatan Cepu berangsur-angsur surut. Masyarakat yang semalam tergenang banjir pun sudah mulai membersihkan tempat tinggalnya secara mendiri. []

Berita terkait
Video Banjir Irigasi Legok di Magelang Bikin Merinding
Video banjir luapan air irigasi Legok Magelang bikin merinding yang melihat. Video itu viral di media sosial.
10 Kecamatan di Aceh Timur Masih Dilanda Banjir
Sebanyak 1.266 rumah di 10 Kecamatan di Kabupaten Aceh Timur, Aceh masih terendam banjir.
Banjir di Bonang Demak Surut, Tanggul Jebol Ditambal
Banjir yang menggenangi Desa Sumberejo dan Kembangan, Kecamatan Bonang perlahan mulai surut.
0
PPKM Mikro Seluruh Provinsi di RI Resmi Berlaku Hari Ini
Pemerintah resmi memberlakukan PPKM di seluruh Provinsi Indonesia per 1 Juni hingga 14 Juni 2021 untuk menekan penyebaran Covid-19 di Tanah Air.