UNTUK INDONESIA

Banjir Genangi Rumah Warga Bonang Demak di Hari Pertama 2021

Tanggul Sungai Tuntang di Demak jebol. Warga Sawi, Bonang, harus melalui hari pertama 2021 dengan keprihatinan.
Tanggul Sungai Tuntang di Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak, jebol Jumat dini hari, 1 Januari 2021. Banjir menggenangi rumah dan permukiman warga Dusun Sawi, Sumberejo. (Foto: Tagar/Istimewa)

Demak - Hari pertama tahun 2021 harus dilalui warga Dukuh Sawi, Desa Sumberejo, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, dengan keprihatinan. Banjir imbas jebolnya tanggul Sungai Tuntang menggenai permukiman warga. 

Informasi mengenai tanggul jebol pertama kali diketahui Tagar dari postingan Kita Cinta Demak - KCD di grup Facebook Warga Demak. Postingan tersebut diunggah pada Jumat, 1 Januari 2021, sekitar pukul 05.00 WIB.

"Diinformasikan bahwa Tanggul sungai kali tuntang yg berada di desa kembangan kecamatan bonang dini hari tadi jebol & air telah memasuki kawasan permukiman dengan ketinggian selutut orang dewasa, lokasi titik jebol berada antara desa kembangan & sawi sepanjang 25 meter. Warga ke balai desa setempat.. Semoga kondisi tetap terkendali dan segera kembali aman......," tulis Kita Cinta Demak - KCD.

Betul informasinya.

Dalam postingan tersebut, Kita Cinta Demak - KCD membubuhkan sejumlah foto kondisi tanggul yang jebol. Foto tersebut diketahui diambil sekitar pukul 00.47 WIB.

Tak hanya foto, pemilik akun juga mengunggah video pendek berdurasi 35 detik. Dalam video tersebut, pemosting menunjukkan air banjir menggenangi permukiman warga Dukuh Sawi, Desa Sumberejo dengan ketinggian selutut orang dewasa.

"Dini hari ini, mau evakuasi utama ibu-ibu dan anak-anak ke Balai Desa Sumberejo. Mengingat kondisi air sudah masuk ke permukiman. Mohon doa dan dukungan dari semuanya," katanya.

Postingan ini pun dibanjiri ucapan perihatin dan doa dari warganet. Salah satunya Asyrieq Dmk, yang mendoakan agar semua diberi keselamatan. "Mugo slamet sedoyone (semoga semua selamat)," komentar Asyrieq Dmk.

Baca juga: 

Doa senada juga dituliskan Nur Kin, "SMG warganya diparingi (diberi) selamat semua,". Dan Al KHarisy, "Melu prehaten,, mugo2 podo dang cepet surut (ikut prihatin, semoga semuanya lekas surut."

Terpisah, Kasi Kedarurat dan Logistik BPBD Demak, Suprapto saat dikonfirmasi membenarkan informasi tersebut. Hanya saja, saat ini pihaknya belum bisa memberi keterangan lebih lanjut karena sedang melakukan penangan banjir.

"Betul informasinya," ujarnya. [] 

Berita terkait
Enam Daerah di Indonesia Potensi Banjir Meningkat pada 2021
BMKG menyebut pada 2021 ada enam daerah di Indonesia yang berpotensi banjir meningkat. Yakni Aceh, Jabar, Jatim, Sulsel, Sultra dan Papua.
FPI Bantu Evakuasi Korban Banjir di Makassar
Relawan Front Pembela Islam (FPI) membantu mengevakuasi warga yang terdampak banjir di beberapa lokasi di Makassar
Tuntun Motor Mogok Gegara Terjang Banjir di Mejobo Kudus
Hujan deras membuat kawasan perempatan Mejobo, Kudus, tergenang air. Motor warga jadi mogok gegara nekat terjang banjir
0
Banjir Genangi Rumah Warga Bonang Demak di Hari Pertama 2021
Tanggul Sungai Tuntang di Demak jebol. Warga Sawi, Bonang, harus melalui hari pertama 2021 dengan keprihatinan.