UNTUK INDONESIA

Tanggul Sungai Jebol, Warga Goleng Kudus Terkepung Banjir

Tanggul Sungai Gelis di Kecamatan Jati, Kudus, jebol sepanjang 25 meter. Imbasnya ribuan warga Dukuh Goleng, Pasuruhan Lor, terkepung banjir.
Proses evakuasi warga Dukuh Goleng, Desa Pasuruhan Lor, Kecamatan Jati, Kudus yang permukimannya terkepung banjir imbas jebolnya tanggul Sungai Gelis. (Foto: Tagar/Nila Niswatul Chusna)

Kudus - Tanggul Sungai Gelis di Kecamatan Jati, Kudus, Jawa Tengah, jebol, Jumat, 1 Januari 2021. Limpahan air sungai menutup akses ke permukiman warga, membuat ribuan warga Dukuh Goleng, Desa Pasuruhan Lor, Jati, terisolasi lantaran terkepung banjir.

Kepala Desa Pasuruhan Lor, Nor Badri mengatakan sekitar pukul 22.30 WIB terjadi tanggul jebol Sungai Gelis di wilayah Dukuh Goleng RW 12. Tanggul tersebut jebol sepanjang 10 meter.

"Semalam tanggul jebol sepanjang 10 meter. Kini tanggul yang jebol kian membesar menjadi sekitar 25 meter," ujar dia, Sabtu, 2 Januari 2021.

Korban jiwa tidak ada. Kerugian materiel, ada satu mobil warga yang terseret air banjir hingga ke area persawahan.

Lokasi tanggul yang jebol berada di akses jalan masuk menuju permukiman warga. Akibatnya, ada 900 kepala keluarga yang terdiri dari ribuan jiwa yang terisolasi akibat kejadian ini.

"Permukiman warga ada yang sudah tergenang banjir, ada yang belum. Ketinggian air di permukiman warga antara 30 hingga 70 sentimeter," ujarnya.

Warga yang rumahnya tergenang banjir, mulai dievakuasi menggunakan perahu karet. Mereka selanjutnya diantar ke posko pengungsian di TPQ Khurryatul Fikri dan SMP Muhammadiyah Desa Pasuruhan Lor.

"Korban jiwa tidak ada. Kerugian materiel, ada satu mobil warga yang terseret air banjir hingga ke area persawahan," kata dia.

Terpisah, Plt Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan hingga kini pihaknya belum bisa memperbaiki tanggul yang jebol. Sebab arus sungai masih sangat deras.

"Arus dari Grobogan masih sangat deras. Dari Bendungan Wilalung juga tidak bisa menampung. Jadi pakai sudetan, dari sini ke Sungai Wulan," jelas Hartopo saat berkunjung ke lokasi tanggul jebol.

Baca juga: 

Kejadian ini, juga telah dikoordinasikan dirinya dengan BBWS dan Dinas PUPR. Usai debit Sungai Gelis surut ia berharap tanggul yang jebol bisa segera diperbaiki.

Saat ini pihaknya hanya bisa berupaya mengevakuasi warga yang terisolasi. Mereka selanjutnya dibawa ke lokasi pengungsian yang telah disediakan.

"Ini kami utamakan mengevakuasi warga dulu. Setelah air sungai surut baru dilakukan perbaikan," imbuhnya. []

Berita terkait
Banjir Genangi Rumah Warga Bonang Demak di Hari Pertama 2021
Tanggul Sungai Tuntang di Demak jebol. Warga Sawi, Bonang, harus melalui hari pertama 2021 dengan keprihatinan.
Tuntun Motor Mogok Gegara Terjang Banjir di Mejobo Kudus
Hujan deras membuat kawasan perempatan Mejobo, Kudus, tergenang air. Motor warga jadi mogok gegara nekat terjang banjir
Akses Terendam Banjir, Warga Kudus Jalan Kaki 1 Kilometer
Banjir yang merendam akses di Karangturi, Kudus, membuat warga harus rela jalan kaki sejauh kilometer.
0
Bisa Ancam Jurnalis, Komunitas Pers Minta Maklumat Kapolri Dicabut
Komunitas Pers menyarankan agar Kapolri Jenderal Idham Azis mencabut pasal 2d dalam Maklumat Kapolri Jenderal Idham Azis.