UNTUK INDONESIA

Banjir di Bonang Demak Surut, Tanggul Jebol Ditambal

Banjir yang menggenangi Desa Sumberejo dan Kembangan, Kecamatan Bonang perlahan mulai surut.
Kondisi banjir yang menggenangi permukiman warga Desa Sumberejo, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak mulai surut. (Foto: Tagar/Nila Niswatul Chusna)

Demak - Banjir yang menggenangi Desa Sumberejo dan Kembangan, Kecamatan Bonang perlahan surut. Tanggul Sungai Tuntang yang sebelumnya jebol juga mulai diperbaiki.

Alhamdulillah hari ini air yang merendam permukiman warga sudah mulai surut.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak, Suprapto membenarkan informasi tersebut.

"Alhamdulillah hari ini air yang merendam permukiman warga sudah mulai surut," katanya, Sabtu, 2 Januari 2021.

Ketinggian air di dua desa tersebut saat ini sekitar 30 - 50 centimeter. Sebagian warga yang sebelumnya mengungsi, kini sudah mulai kembali beraktivitas di rumahnya masing-masing.

"Dari pantauan kami Jumat malam, banjir mencapai 70 centimeter. Alhamdulillah siangnya debit Sungai Tuntang sudah mulai surut. Jadi air dipermukiman penduduk bisa melandai," ujar dia.

Debit air Sungai Tuntang yang menyurut dimanfaatkan untuk melakukan perbaikan tanggul. Sejumlah material dan alat berat pun dikerahkan untuk membantu proses perbaikan tanggul.

"Perbaikan tanggul kita upayakan segera. Takutnya kalau hujan deras mengguyur lagi, banjir di permukiman penduduk tidak semakin parah," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan ratusan rumah warga di Desa Kembang dan Sumberejo, Kecamatan Bonang terendam banjir. Air banjir meluap ke permukiman warga usai tanggul sepanjang 25 meter di perbatasan kedua desa tersebut jembol, Jumat, 1 Januari 2021.

Ada ribuan warga yang mengungsi akibat kejadian ini. Utamanya para lansia dan anak-anak. Sebanyak 155 hektar sawah di Desa Sumberejo hingga kini terendam air banjir. []

Berita terkait
Banjir Genangi Rumah Warga Bonang Demak di Hari Pertama 2021
Tanggul Sungai Tuntang di Demak jebol. Warga Sawi, Bonang, harus melalui hari pertama 2021 dengan keprihatinan.
Bocah 9 Tahun Mranggen Demak Tenggelam di Bendung Kebonbatur
Habib, 9 tahun, bocah Mranggen, Demak, ditemukan meninggal dunia di Bendung Kebunbatur. Ia tenggelam saat mancing ikan bersama dua kawannya.
Angin Robohkan Menara Masjid di Demak, Timpa Rumah Warga
Angin kencang robohkan bangunan menara sebuah masjid di Demak. Menara menimpa rumah warga yang dekat masjid.
0
Banjir di Bonang Demak Surut, Tanggul Jebol Ditambal
Banjir yang menggenangi Desa Sumberejo dan Kembangan, Kecamatan Bonang perlahan mulai surut.