UNTUK INDONESIA

Alasan Wanita Baju Kotak-Kotak Naik Ranpur TNI di Petamburan

Video adanya penumpang wanita berbaju kotak-kotak di atas kendaraan tempur TNI, viral di media sosial.
Panser Anoa milik TNI disiagakan di dekat kantor DPRD Jatim. (Foto: Tagar/Ihwan Fajar)

Jakarta - Kapendam Jaya, Letnan Kolonel Arh Herwin Budi Saputra, memberikan klarifikasi mengenai viralnya sebuah video tentang adanya penumpang wanita berbaju kotak-kotak di atas kendaraan tempur (Ranpur) TNI Anoa, saat penertiban baliho Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat, pada Jumat, 20 November 2020 lalu.

Herwin menuturkan, perempuan berbaju kotak-kotak tersebut adalah jurnalis yang ikut serta dalam patroli TNI untuk melakukan peliputan penertiban baliho. Selain itu, wanita tersebut juga tidak sendirian, melainkan meliput bersama 7 wartawan lain.

"Disini saya harus segera meluruskan pemberitaan tersebut, agar tidak menimbulkan kecurigaan dan kegaduhan tentang kenapa ada seorang wanita berbaju kotak-kotak ada diatas Ranpur TNI saat pelaksanaan penertiban baliho HRS," kata Herwin, dalam siaran pers yang diterima Tagar, Minggu, 22 November 2020.

Viral Ranpur TNISideo adanya penumpang wanita berbaju kotak-kotak di atas kendaraan tempur TNI, viral di media sosial. (Foto: Tangkapan Layar)

Kependam Jaya menuturkan, ketujuh wartawan mengikuti patroli dengan turut serta menaiki kendaraan tempur, tanpa membawa peralatan berupa kamera foto maupun video dalam menjalankan tugasnya, lantaran berasal dari media online atau daring.

"Tujuh orang awak media yang ikut meliput saat kegiatan penertiban baliho HRS di seluruh jalan protokol, yaitu 1 Ranpur TNI dinaiki 3 orang Jurnalis dari Kontributor CNN TV, Wartakota dan Genpi.co, yang naik di Ranpur TNI satunya dinaiki oleh 4 orang Jurnalis dari LKBN Antara, Medcom.id, Koran Lampu Hijau dan kontributor dari Indosiar," kata dia.

"Klarifikasi ini menjawab tentang video yang viral di media sosial, di mana penumpang perempuan tersebut memakai baju kotak-kotak menjadi bahan pembicaraan warganet. Banyak yang curiga dan mempertanyakan mengapa warga sipil bisa naik panser yang ingin menurunkan spanduk dan baliho HRS, di sini saya nyatakan wanita tersebut adalah seorang jurnalis," ujar Kapendam Jaya, Letnan Kolonel Arh Herwin Budi Saputra.

Sebelumnya, sebuah video berisi adegan adanya warga sipil berpakaian kotak-kotak menaiki panser TNI, viral di berbagai media sosial. Kendaraan tempur tersebut nampak dikawal puluhan personel TNI menggunakan motor trail menuju kawasan Petamburan.

Sementara narasi yang berkembang di media sosial, perempuan berpakaian sipil tersebut dinilai mencurigakan lantaran baju kotak-kotak identik dengan pendukung tokoh politik tertentu, selama pilpres dan pilkada beberapa tahun lalu. []

Berita terkait
Massa HRS Berkerumun Saat Pandemi, Iwan Fals Kangen Manggung
Iwan Fals turut mengomentari banyaknya massa yang berkerumun di Bandara Soekarno-Hatta demi menyambut kepulangan Habib Rizieq Shihab.
Jamaah Langgar Protokol Covid-19, Ini Kata Rizieq Shihab
Pentolan FPI Habib Rizieq Shihab berpesan kepada jamaahnya yang hadir di acara Maulid Nabi Muhammad SAW dengan melanggar protokol Covid-19.
Nikita Mirzani Siap Hadapi Maaher At-Thuwailibi Satu Lawan Satu
Nikita Mirzani blak-blakan mengaku siap berkelahi satu lawan satu dengan Maaher At-Thuwailibi, sosok yang merupakan pendukung Rizieq Shihab.
0
Alasan Wanita Baju Kotak-Kotak Naik Ranpur TNI di Petamburan
Video adanya penumpang wanita berbaju kotak-kotak di atas kendaraan tempur TNI, viral di media sosial.