UNTUK INDONESIA
Akhirnya Romi Mengakui Terima Suap Jabatan Kemenag
Romahurmuzy akhirnya mengaku menerima uang dari mantan Kakanwil Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin di rumahnya pada Februari 2019.
Romahurmuziy didakwa menerima suap dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik nonaktif Muafaq Wirahadim, terkait jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama. (Foto: Antara/Muhammad Adimaja)

Jakarta - Mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy akhirnya mengaku menerima uang dari mantan Kakanwil Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin di rumahnya pada Februari 2019.

"Waktu itu Haris kasih bingkisan dan bilang 'Gus ini tolong diterima sebagai keikhlasan saya, kalau enggak, berarti jenengan enggak mau bantu saya'," ujar Romi saat dalam persidangan pemeriksaan terdakwa di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu, 18 Desember 2019.

Menurutnya, hal itu dilakukannya karena terpaksa sebab merasa tidak enak dengan pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Asep Saifuddin Chalim dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang mendukung Haris.

Namun, sebelumnya Khofifah telah membantah telah merekomendasikan nama Haris untuk menjadi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur kepada Romahurmuziy pada sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu, 11 Desember 2019.  

Romi mengaku saat itu, dia menerima sebuah bingkisan yang di dalamnya terdapat uang senilai Rp 250 juta. 

"Saya cek dihitung ada sekitar Rp 250 juta," kata Romi.

Lantaran ada Kiai Asep dan Khofifah, Romi menerima uang tersebut. Dia mersa kedua tokoh tersebut ikut berpengaruh dengan perannya sebagai ketum PPP.

"Dua-duanya tokoh sentral dan saya perlukan untuk parpol," tuturnya.

Atas peristiwa itu, Romi merasa menyesal karena telah mencoreng nama baik keluarga besar. Menurutnya, keluarga Romi merupakan seorang politikus yang bersih.

"Saya menyesalkan kejadian ini, karena saya dilahirkan dalam tradisi politik mulai dari kakek buyut, ibu saya, adalah anggota DPR. Nama baik saya dihancurkan," ujarnya.

Dalam kasus ini, Romi menjadi terdakwa atas dugaan suap jual beli jabatan di lingkungan Kemenag. Romi didakwa telah meminta Menteri Agama Lukman Hakim Syaifudin yang merupakan kader PPP mengangkat Muafaq sebagai Kepala Kantor Kemenag Gresik dan Haris Hasanudin sebagai Kepala Kanwil Kemenag Jatim. []

Berita terkait
Fakta Persidangan Soal Romahurmuziy dan Lukman Hakim
Jaksa KPK menyatakan Menteri Agama Lukman Hakim tak independen menentukan mutasi jabatan karena dipengaruhi Ketum PPP, Romahurmuziy.
Senyum Romahurmuziy Saat Diperiksa KPK
Romahurmuziy alias Rommy kembali diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Romahurmuziy dan Dua Tersangka Suap Kementerian Agama
KPK telah menetapkan Romahurmuziy dan dua tersangka terkait suap pengisian jabatan di lingkungan Kementerian Agama.
0
Kalahkan Derby, Man United Lawan Norwich di Piala FA
Manchester United menjadi tim terakhir lolos ke perempat final Piala FA usai menang 3-0 atas Derby County. Man United hadapi Norwich di 8 Besar.