Webinar Cermat Berasuransi, Lolita Setyawati: Pentingnya Punya Asuransi Kesehatan

Professional Financial Educator Lolita Setyawati menyampaikan bahwa ia tertarik dengan perencanaan keuangan di usia muda. Ini alasannya.
Lolita Setyawati dalam webinar "Cermat Beransuransu Agar Tidak Merugi. (Foto: Tagar/Emilya)

Jakarta – Professional Financial Educator Lolita Setyawati menyampaikan bahwa ia tertarik dengan perencanaan keuangan di usia muda karena suatu saat akan berpengaruh pada masa tua hingga anak dan cucu. Menurutnya dalam perencaan keuangan mempunyai manajemen resiko yaitu asuransi.

Hal ini disampaikan Lolita dalam webinar yang diselenggarakan Tagar.id, pada Sabtu, 20 November 2021  bertema “Cermat beransuransi Agar Tidak Merugi”.

“Asuransi itu kalau dalam perencanaan keuangan ada di atap rumah, kalau kita umpamakan perencaan keuangan itu rumah pondasinya itu adalah cash low manajemen sama rash manajemen dan tiangnya itu adalah investasi,” ucap Lolita Setyawati.


Nah itu tadi makanya sayang banget sampai harus menjual aset atau mengambil dana dari invetasi kita untuk berobat yang memang sebenarnya kita tidak sangka-sangka.


“Kalau saya sendiri pengalaman dengan asuransi selama ini terutama asuransi kesehatan, karna terasa banget tuh namanya sakit kan kita tidak tahu kapan kejadian, jadi saya tuh selama ini pakai asuransi bareng sama suami. Jadi asuransi ini meng-cover dana rawat inap dan rawat jalan juga,” ujarnya Lolita.

Ia mengatakan bahwa selama ini ia tidak pernah sakit terlalu parah atau operasi. Namun, ia pernah mengalami alergi susu yang mempunyai protein tinggi sehingga ia diharuskan rawat inap selama satu minggu.

“Tapi itu habisnya 40 juta loh dan obat-obatnya mahal, jadi semua full di cover oleh asuransi. Jadi kalau misalnya tidak ada kita harus mengambil dari mana untuk mengambil 40 juta. Berarti kan saya harus merogoh tabungan uang pensiun saya," kata Lolita. 

"Nah, itu tadi makanya sayang banget sampai harus menjual aset atau mengambil dana dari invetasi kita untuk berobat yang memang sebenarnya kita tidak sangka-sangka, kejadian kalau ada asuransi kan enak,” ucapnya.

Sementara itu, untuk apa kalau membeli asuransi lain tetapi tidak meng-cover untuk biaya perawatan di rumah sakit. Jadi asuransi kesehatan itu adalah hal yang paling terutama yang miliki oleh setiap orang.

(Emilya Rahmawati)

Berita terkait
Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak yang Tepat
Biaya pendidikan tidak bisa dianggap sepele dan harus disiapkan semaksimal mungkin agar tidak keteteran saat waktunya tiba.
Tips Memilih Asuransi Perjalanan Terbaik
Dengan adanya asuransi perjalanan, kegiatan berliburnya akan diproteksi dari kemungkinan terjadinya hal yang tidak diinginkan.
4 Tips Memilih Asuransi Bagi Pemula dari Felicia Putri Tjiasaka
Banyak orang yang sudah bekerja keras dan menabung namun tidak memiliki asuransi, tidak ada antisipasi hal tak terduga, seperti penyakit kritis.
0
Webinar Cermat Berasuransi, Lolita Setyawati: Pentingnya Punya Asuransi Kesehatan
Professional Financial Educator Lolita Setyawati menyampaikan bahwa ia tertarik dengan perencanaan keuangan di usia muda. Ini alasannya.