Wah! Begini Tips Cermat Pilih Asuransi ala Cindy Xie

Insurance Content Creator Cindy Xie mengungkapkan pentingnya memilih asuransi secara cermat agar tidak mengalami kekecewaan setelah membelinya.
Cindy Xie saat memaparkan materi dalam acara webinar Tagar.id "Cermat Berasuransi Agar Tidak Merugi". (Foto: Tagar/Eka)

Jakarta – Insurance Content Creator Cindy Xie mengungkapkan pentingnya memilih asuransi secara cermat agar tidak mengalami kekecewaan setelah membelinya.

“Memang sering temu di lapangan ya. Apalagi kalau kita tarik mundur 10 tahun yang lalu. 10 tahun yang lalu mungkin cara mengedukasi dan cara kita belajar asuransi itu tidak selengkap sekarang. Teknologi, akses untuk belajar tidak seluas seperti sekarang,” ujar Cindy Xie dalam acara webinar Tagar.id “Cermat Berasuransi Agar Tidak Merugi”, Sabtu, 20 November 2021.

Cindy menyebut ada 4 hal yang perlu diperhatikan agar klien asuransi tidak merugi, di antaranya adalah agen, etika agen saat menawarkan produk, wawasan, dan biaya.


Jangan Cuma modal enggak enakan sama temen temen baik sodara yang menjadi agen tiba-tiba datang yaudahlah gue pikir bantu-bantu aja dan akhirnya tanda tangan tanpa mengerti apa yang dibeli.



1. Agen

Cindy mengungkapkan calon klien harus mengetahui dan memilah agen yang dipilih sebelum memutuskan untuk menggunakan asuransi yang ditawarkan.

“Milih agen yang jualan cuma jago produk asuransi atau agen yang benar-benar mau menjelaskan bahkan mengerti cara klaim? Karena banyak banget agen yang hanya jago jualan sesuai tertulis di ilustrasi, tapi kalau diadu dalam bentuk klaim belum tentu mengerti,” katanya.


2. Etika agen saat menawarkan produk

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah etika agen saat menawarkan produk. Jangan sampai seorang klien terjerumus ke dalam iming-iming nilai tunai yang tidak meyakinkan.

“Ada beberapa oknum yang melakukannya dengan mengiming-imingin return 15 persen di unit link, itu harus dihati hati,” ujarnya.

Asuransi merupakan proteksi, bukan investasi yang umumnya dimainkan pada sektor lain. Oleh karena itu, Cindy meminta calon klien untuk selalu berfikir secara matang agar tidak ada lagi orang yang terjebak.

“Harus di make sure tentang itu. Jadi kalau misalnya agen datang menawari dan mengiming-imingi itu mendingan dipikir ulang. Itu wajib, karena sudah banyak orang yang kecewa dengan asuransi karena iming-iming tersebut,” katanya.

Selain itu, cindy menekankan untuk tidak asal menandatangani kesepakatan asuransi yang dibeli hanya karena rasa iba.

“Jangan Cuma modal enggak enakan sama temen, temen baik, sodara, yang menjadi agen tiba-tiba datang. Yaudahlah gue pikir bantu-bantu aja dan akhirnya tanda tangan tanpa mengerti apa yang dibeli,” ujarnya.


3. Wawasan

Sebelum membeli asuransi, penting untuk calon klien memiliki wawasan yang cukup. Hindari penandatangan kesepakatan secara asal dan jangan terlalu mudah dengan ucapan agen.

“Banyak banget orang-orang di Indonesia beli asuransi cuma modal percaya. Percaya kata agen, gue males belajar, dan gue males bedah polis. Padahal kita wajib untuk melihat dulu dan mengerti. Kalau kita enggak mau belajar, ya apes sendiri,” kata Cindy.


4. Biaya asuransi

Hal yang paling penting, terutama saat membeli di unit link adalah berapa biaya yang perlu dikeluarkan. Calon klien asuransi wajib memperhatikan biaya asuransi jangka panjang agar tidak merasa ditipu oleh perusahaan asuransi.

“Jadi diilustrasikan kalau beli asuransi itu ada tulisan biaya asuransi. Nah, temen-temen perlu mencari tahu biaya asuransi ini selama 10 atau 15 tahun ke depan seberapa tinggi dia akan naik, berapa persen,” ujarnya.

(Eka Cahyani)


Berita terkait
Ini Ragam Manfaat Jika Kami Punya Asuransi Kesehatan
Bagi yang belum mengetahui apa saja benefitnya, berikut akan kami ulas secara lengkap manfaat asuransi kesehatan.
Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak yang Tepat
Biaya pendidikan tidak bisa dianggap sepele dan harus disiapkan semaksimal mungkin agar tidak keteteran saat waktunya tiba.
Inilah Alasan Mengapa Penting Memiliki Asuransi Pendidikan
Dengan mempersiapkan dana pendidikan anak sedari dini, Anda bisa menjamin kepastian pendidikan untuk anak Anda di masa depan.
0
Wah! Begini Tips Cermat Pilih Asuransi ala Cindy Xie
Insurance Content Creator Cindy Xie mengungkapkan pentingnya memilih asuransi secara cermat agar tidak mengalami kekecewaan setelah membelinya.