UNTUK INDONESIA
Warga Serahkan Satwa Langka ke BKSDA di Aceh
Satwa langka jenis Owa ditemukan di Aceh.
Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) seksi konservasi wilayah I Kota Lhokseumawe, saat menerima satwa langka jenis Owa dari masyarakat Kota Lhokseumawe. (Foto: Tagar/Istimewa)

Lhokseumawe - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) seksi konservasi wilayah I Kota Lhokseumawe, mengamankan satwa langka jenis Owa, berjenis kelamin laki-laki dan diperkirakan usianya 2,5 tahun.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Lhokseumawe Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKDSA) Aceh Kamarudzaman, mengatakan binatang tersebut merupakan serahan sukarela dari masyarakat Kota Lhokseumawe.

“Binatang ini merupakan serahan sukarela dari masyarakat, agar bisa hidup dengan normal. Awalnya binatang ini dipelihara dari sejak bayi, namun setelah besar malah menjadi tidak tega karena hidupnya tidak bebas seperti di hutan,” ujar Kamarudzaman, Senin, 20 Januari 2020.

Apabil ada masyarakat yang masih memelihara satwa yang dilindungi, maka segera serahkan kepada BKSDA.

Kamarudzaman menambahkan, nantinya satwa tersebut akan dibawa ke Banda Aceh untuk dilakukan rehabilitasi, agar keberlangsungan hidupnya bisa terjamin dan selalu terjaga agar tidak punah.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat apabila ada yang memelihara satwa yang dilindungi, maka agar bisa langsung diserahkan ke Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKDSA), agar bisa terjamin keberlangsungan hidupnya.

“Apabil ada masyarakat yang masih memelihara satwa yang dilindungi, maka segera serahkan kepada BKSDA. Satwa-satwa yang dilindungi itu jumlah populasinya sangat terbatas, maka harus dilindungi,” tutur Kamarudzaman.

Oawa atau dalam bahasa ilmiahnya disebut Hylobates moloch, merupakan jenis primata anggota suku Hylobatidae dengan angka populasi antara seribu hingga dua ribu ekor dan tergolong paling langka di dunia. []

Baca juga: 

Berita terkait
Terpeleset Saat Selfie, Remaja di Aceh Meninggal
Farhan (22 tahun) meninggal dunia akibat terpeleset dan jatuh dari ketinggian sekira puluhan meter.
Guru Pesantren di Aceh Cabuli Dua Santrinya
Serorang guru pesantren di Kabupaten Aceh Utara, Aceh tega mencabuli santrinya sendiri.
Kisah Keluarga di Aceh Diusir dari Rumahnya Sendiri
Hamdan bersama istri Atriani, 40 tahun, dan lima orang anaknya terancam diusir dari rumahnya di Kabupaten Aceh Besar, Aceh.
0
Relaksasi Kredit, Bank di Daerah Masih Saja Menagih
Presiden Jokowi membuat kebijakan relaksasi kredit saat pandemi Covid-19, praktiknya petugas bank milik negara masih ada yang menagih bunga kredit.