UNTUK INDONESIA
Warga Banten Mengecam Penyerangan Terhadap Wiranto
Warga Pandeglang, Banten mengecam insiden penyerangan dan upaya penusukan orang yang tidak dikenal terhadap Menko Polhukam Wiranto.
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto. (Foto: Antara/Aprillio Akbar)

Jakarta - Warga Pandeglang, Banten mengecam insiden penyerangan dan upaya penusukan orang yang tidak dikenal terhadap Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) yang terjadi di Alun-alun Menes, Kabupaten Pandeglang, Banten, pada Kamis, 10 Oktober 2019.

Menurut salah satu warga Pandeglang Lukman Hakim tindakan penyerangan dan upaya penusukan tidak mencerminkan sifat dari warga Banten.

"Orang Banten tidak seperti itu. Kami mencintai para pemimpin. Pak Wiranto itu salah seorang pemimpin yang harus dihormati," kata Lukman di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Berkah Pandeglang, Kamis, 10 Oktober 2019 seperti dilansir dari Antara.

Lukman pun meminta pihak kepolisian untuk mengusut tuntas siapa pelaku penyerangan dan upaya penusukan terhadap Wiranto. Karena ia yakin, ada orang lain di balik penyerangan tersebut.

"Jangan hanya pelaku penusukan yang diproses. Cari orang di balik kejadian ini," ujarnya.

Menkopolhukam WirantoMenkopolhukam Wiranto sesaat sebelum mengalami upaya pembunuhan dari dua orang ketika berkunjung ke Pandeglang, Banten pada Kamis 10 Oktober 2019. (Foto: Istimewa)

Kronologi Penyerangan

Wiranto tiba-tiba diserang oleh orang yang tidak dikenal dengan senjata tajam saat turun dari mobil dinasnya pada Kamis, 10 Oktober 2019. Wiranto pun berjalan menghampiri bahkan sempat bersalaman dengan polisi yang terlihat berdiri menyambut kedatangannya yakni Kepala Polisi Sektor Menes Komisaris Besar Polisi Dariyanto.

Tapi, beberapa detik seusai bersamalan dengan polisi, ada orang yang tidak dikenal menghampiri dan mencoba menusuk Wiranto.

Wiranto yang mengenakan batik bernuansa hijau tosca dan mengenakan peci itupun terjatuh ke tanah sambil memegang perut sebelah kiri. Warga yang hadir di sana membantu Wiranto dan membawanya ke UGD RSUD Berkah Pandeglang.

Berdasarkan informasi, kehadiran Wiranto di sana dalam rangka meresmikan Gedung Kuliah Bersama di Universitas Mathla’ul Anwar di Desa Sindanghayu, Kecamatan Saketi, Pandeglang. []

Berita terkait
Penusukan Wiranto dan Ancaman Radikalisme
Penusukan Wiranto dan ancaman radikalisme. Bangunlah, Pak Jokowi. Mereka sudah ada di dalam rumah kita sendiri. Tulisan opini Denny Siregar.
Kronologi Wiranto Ditusuk di Pandeglang Banten
Wiranto ditusuk orang tak dikenal di Alun-alun Menes, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, Banten. Berikut kronologinya.
Wiranto Segera Dievakuasi dari Banten ke Jakarta
Menko Polhukam Wiranto rencananya akan dievakuasi dari Kabupaten Pandeglang, Banten ke Jakarta dengan menggunakan helikopter.
0
Terkena Flu Burung, Puluhan Ekor Ayam Dimusnahkan
Puluhan ekor ayam di Tegal dimusnakah karena positif terserang virus flue burung