UNTUK INDONESIA
Warga Aceh Singkil Dilarang Bikin Hiburan Malam
Masyarakat Aceh Singkil dilarang menyelenggarakan hiburan saat malam, kecuali pemerintah, partai politik dibolehkan hingga pukul 24.00 WIB.
Salinan screenshot Perbub Aceh Singkil Nomor 14 Tahun 2020. (Foto: Tagar/Istimewa)

Banda Aceh - Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil telah menandatangani Peraturan Bupati (Perbub) Nomor 14 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan hiburan saat malam.

Perbub yang di teken langsung Bupati Dulmusrid tertanggal 3 Maret 2020. Regulasi tersebut berisi tujuh BAB dengan 13 pasal itu khusus mengatur pelaksanaan kegiatan di malam hari.

Dalam aturan tersebut, masyarakat Aceh Singkil dilarang menyelenggarakan hiburan saat malam. Namun, untuk kegiatan pemerintah, partai politik dibolehkan hingga pukul 24.00 WIB.

Harus dikerjakan, kalau ada yang melanggar sampaikan ke Polisi.

Pada Pasal 4 ayat 1 peraturan bupati itu dituangkan, acara yang dimaksud di antaranya adalah keyboard, orkes atau hiburan lainnya yang menggunakan alat musik.

Sementara di ayat 2 pasal yang sama disebutkan, larangan itu tidak termasuk hiburan perayaan hari besar nasional, kegiatan partai politik, pemerintahan, keagamaan serta kesenian adat.

Lalu, dalam pasal 7 ayat 1 disampaikan, waktu pelaksanaan kegiatan hiburan yang dilaksanakan oleh perorangan dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB.

Namun, ayat selanjutnya (2) tertulis, untuk kegiatan pemerintah, partai politik, hari besar nasional dan kegiatan keagamaan sebagaimana dimaksud dalam pasal 4 ayat 2 dimulai pukul 08.00 WIB sampai 24.00 WIB.

Baca juga: Pasca Pemuda Tertembak, Bupati Singkil Larang Kibot Malam

Terkait regulasi ini, Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid menegaskan, peraturan larangan hiburan malam itu harus dilaksanakan. Ketika ada warga yang melanggar maka bisa diadukan ke pihak keamanan.

"Harus dikerjakan, kalau ada yang melanggar sampaikan ke Polisi," kata Dulmusrid kepada wartawan, Minggu, 8 Maret 2020 kemarin.

Dulmusrid menjelaskan, setiap masyarakat tidak diperbolehkan melaksanakan organ tunggal hingga malam, dibatasi hanya dari pagi sampai sore.

"Tidak ada lagi hiburan di malam hari, kecuali kegiatan pemerintah daerah," tuturnya.  []

Berita terkait
418 Ribu Batang Rokok Luffman Amerika Masuk ke Aceh
Bea Cukai Provinsi Aceh menyita sebanyak 418 ribu batang rokok ilegal merek Luffman dari Amerika Serikat.
Efek Corona, Cabai Merah di Abdya Aceh Melonjak Naik
Pasca Corona atau Covid-19 sejumlah bahan pokok di Aceh Barat Daya naik. Dan harga tertinggi cabai kering.
Karyawan di Aceh Curi Uang Perusahaan Rp 1 Miliar
Seorang karyawan menyerahkan diri ke Polda Aceh setelah diduga mencuri uang perusahaan tempatnya bekerja dengan nilai mencapai Rp1 miliar lebih.
0
Relaksasi Kredit, Bank di Daerah Masih Saja Menagih
Presiden Jokowi membuat kebijakan relaksasi kredit saat pandemi Covid-19, praktiknya petugas bank milik negara masih ada yang menagih bunga kredit.