Waktu Terlarang untuk Minum Teh Hijau

Teh hijau sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh.
Teh Hijau. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Teh hijau menjadi salah satu minuman populer karena memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan membuat the hijau jadi minuman favorit banyak orang, terutama para wanita yang ingin menurutkan berat badan agar mendapatkan tubuh ideal. Teh hijau juga mampu mengeluarkan racun dalam tubuh

Minuman ini juga kaya akan mineral, vitamin dan memiliki sifat anti-inflamasi, serta menurunkan risiko penyakit jantung dan jenis kanker tertentu.

Teh hijau lebih memang sehat karena tidak melalui proses oksidasi seperti teh wangi, dan teh herbal lainnya. Bahkan, sejak zaman kuno teh hijau yang murni telah lama dianggap sebagai alternatif yang lebih sehat untuk minuman lain.

Teh hijau sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh. Minuman sehat ini mengandung antioksidan seperti flavonoid dan polifenol yang meningkatkan kekebalan Anda serta melindungi dari flu, bahkan juga bagus untuk kulit dan rambut Anda.

Tapi, untuk mendapatkan sebagian besar manfaatnya Anda harus tahu kapan waktu terlarang dan waktu terbaik untuk minum teh hijau :


1. Jangan minum teh hijau di pagi hari

Minum teh hijau saat perut kosong di pagi hari bisa berdampak buruk pada lever karena kandungan kafein yang tinggi di dalamnya.

Sebuah studi yang dilakukan pada suplemen makanan dengan ekstrak teh hijau menemukan bahwa teh hijau, bila diminum saat perut kosong, dapat memiliki efek buruk pada hati. Karena teh hijau mengandung senyawa yang disebut katekin, sehingga jumlah teh hijau yang dikonsumsi juga harus dipantau. Konsentrasi katekin yang lebih tinggi dapat menyebabkan kerusakan hati.

Minumlah teh hijau di pagi hari sekitar jam 10 hingga 11 pagi atau di awal malam untuk meningkatkan metabolisme Anda.


2. Jika anda penderita anemia, jangan minum teh hijau di sela waktu makan

Menurut National Cancer Institute, antioksidan katekin yang ada dalam teh hijau akan menghambat pencernaan dan penyerapan zat besi dari makanan Anda jika meminum teh hijau bersama dengan makanan Anda.

Minumlah secangkir teh hijau dua jam sebelum atau sesudah makan untuk memaksimalkan asupan nutrisi dan penyerapan zat besi.


3. Minumlah teh hijau sebelum berolahraga

Kandungan kafein di dalam teh hijau dapat membantu membakar lebih banyak lemak. Kafein akan meningkatkan energi tubuh Anda sehingga membantu Anda berolahraga lebih lama.


4. Jangan minum teh hijau menjelang jam tidur malam

Karena, kandungan kafein di dalam teh hijau akan mengganggu tidur Anda di malam hari. Selain itu teh hijau juga mengandung L-Theanine, ini adalah asam amino yang membuat Anda gelisah. Karena itulah, minum teh hijau di malam hari adalah ide yang buruk.

Sebaiknya minumlah teh hijau di awal malam, karena saat ini metabolisme Anda sedang rendah dan minum teh akan meningkatkan metabolisme Anda.


5. Jangan konsumsi teh hijau berlebihan

Menurut University of Maryland Medical Center, jumlah ideal konsumsi teh hijau cukup 2-3 cangkir per hari atau 100 hingga 750 mg ekstrak teh hijau per hari. Jika dikonsumsi berlebihan, teh hijau bisa menghilangkan semua elemen penting dari tubuh Anda. []


Baca Juga :

Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Jantung di Usia Muda

7 Manfaat Ikan Air Tawar Bagi Kesehatan

Enam Manfaat Bawang Bombai untuk Kesehatan

Tangkis Osteoporosis dan 4 Manfaat Lobster Bagi Kesehatan






Berita terkait
Waktu Terbaik untuk Minum Teh Hijau
Teh hijau juga memiliki khasiat yang ampuh untuk menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh.
10 Manfaat Kesehatan yang Luar Biasa dari Teh Kunyit
Teh kunyit juga bisa dikombinasikan dengan bahan lain seperti jahe, lemon, madu, dan merica untuk meningkatkan rasa dan profil nutrisi.
Manfaat Minum Teh Peppermint Selama Kehamilan
Tingkat antioksidan yang tinggi dalam teh peppermint membantu memberikan banyak manfaat bagi bayi dan ibu yang sedang tumbuh.