Wajib Tes Swab Usai Simulasi Sekolah Tatap Muka di Rembang

4 SMPN di Rembang gelar simulasi pembelajaran tatap muka. Satu bulan pelaksanaan, siswa dan guru wajib jalani tes swab.
Siswa SMPN 1 Sale Rembang saat pembelajaran tatap muka beberapa waktu lalu. Tes swab akan diberlakukan setelah sebulan pelaksanaan sekolah tatap muka di empat SMPN. (Foto: Tagar/Rendy Teguh Wibowo)

Rembang - Empat SMP di Rembang, Jawa Tengah, sudah menggelar simulasi pembelajaran tatap muka mulai awal Oktober lalu. Sebulan pelaksanaan simulasi, siswa dan guru di empat sekolah tersebut wajib menjalani tes swab untuk deteksi ada kasus Covid-19 atau tidak. 

Pejabat sementara (Pjs) Bupati Rembang Imam Maskur menyampaikan empat SMK yang akan simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) adalah SMPN 1 Kragan, SMPN 1 Sale, SMPN 1 Pamotan dan SMPN 1 Sumber. Uji coba PTM ini digelar sejak 5 Oktober 2020 hingga dua bulan ke depan.   

Kalau ada gejala Covid-19 nanti saya tutup dulu.

Imam menyatakan setelah berjalan satu bulan, Pemkab Rembang akan melakukan evaluasi. Selain itu, guru di empat SMP itu akan diambil sampel untuk dilakukan tes swab.

"Dalam satu bulan ini akan dilakukan evaluasi dulu, kami mengambil sampel dari beberapa guru untuk di-swab," kata dia, Senin, 26 Oktober 2020.

Khusus guru yang memiliki penyakit bawaan, seperti mengidap penyakit hipertensi dan diabetes, wajib mengikuti tes swab. Karena orang orang yang mengidap penyakit tersebut rawan terjangkit Covid-19.

"Terutama guru yang berisiko, dalam arti dia memiliki penyakit hipertensi atau diabetes, harus dites (swab)," ujar dia

Tidak hanya guru, langkah serupa juga berlaku untuk siswa dari beberapa sekolah. Jika ada temuan Covid-19, pemkab akan menutup sistem pembelajaran tatap muka dan kembali menggunakan daring.

"Kemudian dari siswa juga diambil sampel, mungkin hanya dari satu-dua sekolah saja. Kalau ada gejala Covid-19 nanti saya tutup dulu," ucap dia.

Baca lainnya: 

Imam menambahkan, jika semuanya berjalan lancar tanpa ditemukan pasien Covid-19, baik guru maupun siswa, PTM diperbolehkan tetap berjalan. Hanya saja, saat ini PTM hanya dikhususkan untuk wilayah-wilayah yang tergolong zona hijau.

"Tapi kalau lancar-lancar saja ya silakan dilanjutkan," ujar mantan Camat Kedungbanteng, Kabupaten Tegal ini. [] 

Berita terkait
4 SMPN di Rembang Simulasi Belajar Tatap Muka di Sekolah
Empat SMPN di Rembang menggelar belajar tatap muka di sekolah. Simulasi akan berjalan bertahap selama tiga pekan ke depan.
SMAN 1 Sumber Rembang Percontohan Belajar Tatap Muka Jateng
SMAN 1 Sumber, Rembang, ditunjuk Disdikbud Jateng menjadi sekolah percontohan belajar tatap muka.
Respon Pjs Bupati Rembang Lihat Alun-alun Rusak dan Kotor
Pjs Bupati Rembang ingin dinas terkait untuk segera melakukan perbaikan dan penataan agar Alun-alun terlihat rapi dan bersih.
0
Dugaan Penipuan Jumlah Tes Covid-19 di Jerman
Dugaan penipuan jumlah tes Covid-19 di Jerman meningkat, otoritas keseharan Jerman membahas mekanisme kontrol jumlah tes