SMAN 1 Sumber Rembang Percontohan Belajar Tatap Muka Jateng

SMAN 1 Sumber, Rembang, ditunjuk Disdikbud Jateng menjadi sekolah percontohan belajar tatap muka.
Simulasi belajar tatap muka di SMAN 1 Sumber Rembang. Sekolah tersebut menjadi salah satu sekolah percontohan pembelajaran tatap muka di Jateng. (Foto: Tagar/Rendy Teguh Wibowo)

Rembang - SMAN 1 Sumber, Rembang, ditunjuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah menjadi sekolah percontohan pembelajaran tatap muka (PTM). Sekolah tersebut jadi percontohan di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 3, meliputi Rembang, Pati dan Kudus. 

Simulasi PTM di SMAN 1 Sumber dilakukan pada Selasa 13 Oktober 2020. Pelaksanaan simulasi dihadiri langsung Pjs Bupati Rembang Imam Maskur. 

Maskur menyampaikan ada beberapa masukan kepada pihak sekolah. Di antaranya tidak diperbolehkannya siswa naik angkutan umum. Sebab tidak ada yang bisa menjamin protokol kesehatan diterapkan di sarana transportasi tersebut. 

"Apa bisa menjamin dari sekolah bahwa kendaraan umum sudah disemprot disinfektan, kemudian apakah menjamin bisa jaga jarak," ucap dia.

Jika orang tua siswa tidak bisa mengantar sekolah, siswa boleh pembelajaran jarak jauh.

Karena itu, orang tua diminta mengantar dan menjemput putra putrinya saat berangkat dan pulang sekolah. Jika tidak bisa antar jemput maka siswa masih bisa belajar secara daring.

"Jika orang tua siswa tidak bisa mengantar sekolah, siswa boleh pembelajaran jarak jauh. Ini saya mohon yang pakai kendaraan umum, belajar daring saja. Ini penting karena kalau ada permasalahan di sekolah, saya tutup dulu, takutnya nanti efeknya kemana-mana, jangan sampai ada klaster sekolah," beber dia. 

Kepala SMA Negeri 1 Sumber Hedi Wibowo mengatakan semua masukan akan menjadi bahan perbaikan sekolah ke depannya dalam melaksanakan PTM. 

Terkait penggunaan kendaraan umum, lanjut Hedi, di wilayah kecamatan Sumber sendiri memang jarang dijumpai kendaraan umum.

"Alhamdulillah di Sumber ini, tidak ada kendaraan umum. Angkutan umum juga tidak ada. Jadi, mau tidak mau ya diantar atau bawa kendaraan sendiri bagi yang sudah memiliki SIM," katanya.

Baca juga: 

Hedi menambahkan untuk pengawasan penerapan protokol kesehatan, pihaknya menerjunkan lima orang dari Satuan Petugas Pemantau Ketertiban Sekolah. Dengan demikian, pelanggaran protokol kesehatan yang dapat berpotensi menjadi sarana penyebaran Covid-19 dapat diminimalisir.

"Sehingga konsistensinya selalu ada, pembelajaran tatap muka dapat berjalan dengan baik dan terhindar dari penularan Covid-19," imbuhnya. []

Berita terkait
Ganjar Buat Sekolah Virtual untuk Anak Kurang Mampu
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membuat sekolah virtual untuk anak dari keluarga tak mampu di Boyolali dan Brebes.
Simulasi Belajar di Kelas, Solo Target Buka Sekolah Januari
Kota Solo menggelar simulasi belajar tatap muka di kelas. Rencananya, sekolah mulai dibuka awal Januari 2021.
4 SMPN di Rembang Simulasi Belajar Tatap Muka di Sekolah
Empat SMPN di Rembang menggelar belajar tatap muka di sekolah. Simulasi akan berjalan bertahap selama tiga pekan ke depan.
0
Biden Ingatkan Rakyat Amerika Terkait Pengorbanan Tentara
Presiden Biden beri penghormatan kepada korban perang AS dengan mengingat pengorbanan mereka untuk kebebasan Amerika