UNTUK INDONESIA
Update Corona Aceh: 547 Positif, 21 Meninggal Dunia
Pasien virus corona atau Covid-19 di Aceh bertambah sebanyak 2 kasus pada Sabtu, 8 Agustus 2020.
IDI Kota Banda Aceh sedang bersiap membagikan multivitamin C kepada tenaga medis di RSUZA, Banda Aceh, Selasa, 24 Maret 2020. (Foto: Tagar/Ahmad Mufti)

Banda Aceh - Pasien virus corona atau Covid-19 di Aceh bertambah sebanyak 2 kasus pada Sabtu, 8 Agustus 2020. Sehingga, total akumulatif kasus Covid-19 di Tanah Rencong saat ini mencapai 547 orang.

Hal tersebut berdasarkan data yang diupdate di website Dinas Kesehatan Provinsi Aceh, Sabtu, 8 Agustus 2020 pukul 16.05 WIB.

Data tersebut juga menyebutkan, 2 pasien tambahan itu tersebar di sejumlah kabupaten/kota di Aceh. Rinciannya adalah Kabupaten Nagan Raya 1 kasus dan Aceh Tamiang 1 kasus.

Kriteria kontak erat dengan Covid-19 tersebut penting diketahui masyarakat agar dapat melindungi diri dari penularan.

Dari total 547 pasien positif Covid-19, sebanyak 378 orang masih dirawat atau isolasi mandiri, 148 orang sudah sembuh dan 21 orang meninggal dunia.

Sedangkan PDP sebanyak 151 orang, rinciannya 9 orang masih dirawat, 137 orang sudah sembuh dan dibolehkan pulang serta 5 orang meninggal dunia. Sementara ODP sebanyak 2369 orang. Dari jumlah ini, 2333 sudah siap menjalani proses pemantauan dan 36 orang dalam proses pemantauan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani menuturkan, pasien-pasien positif tersebut terungkap berkat kerja keras tim surveilans Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Pemerintah Aceh dan kabupaten/kota.

Sebab, kata Saifullah, tim surveilans tersebut setiap hari menelusuri orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien atau Orang Tanpa Gejala (OTG) positif Covid-19.

Ia menjelaskan, orang dikategorikan kontak erat dengan kasus konfirmasi positif Covid-19 yaitu, riwayat kontak tatap muka atau berdekatan dalam radius satu meter minimal 15 menit atau lebih, bersentuhan fisik secara langsung, seperti bersalaman, pegang tangan, dan lain sebagainya.

Selain itu, lanjut dia, tenaga kesehatan yang merawat pasien Covid-19 tanpa memakai APD sesuai standar. Orang dalam situasi tertentu yang mengindikasikan adanya kontak berdasarkan penilaian resiko lokal, yang ditetapkan tim epidemiologi setempat.

“Kriteria kontak erat dengan Covid-19 tersebut penting diketahui masyarakat agar dapat melindungi diri dari penularan dan tidak bersikap negatif bila mau diambi swab-nya untuk pemeriksaan infeksi virus corona,” katanya. []

Baca juga: 

Berita terkait
Polisi Amankan Sabu dan 22 Kilogram Ganja di Aceh
Polisi menangkap sembilan tersangka penyalahgunaan narkotika di Aceh.
Jawaban Pemkab Aceh Utara Soal Tunggakan Listrik
Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, Aceh berjanji akan melunasi seluruh tunggakan listrik dianggaran APBD perubahan tahun 2020.
Kualitas Udara Banda Aceh Pakai Passive Sampler
Metode passive sampler merupakan salah satu metode sederhana yang digunakan untuk pengukuran kualitas udara ambien dengan menggunakan parameter.
0
Bisnis Apotek di Jerman Raup Untung Besar Selama Pandemi
Selama pandemi virus corona bisnis apotek di Jerman dikabarkan meraup untung besar, termasuk juga supermarket dan penjualan makanan