UNTUK INDONESIA
Tips Menjaga Mata Selalu Sehat
Mempunyai mata sehat merupakan sebuah keinginan setiap manusia. Berikut ini Tagar merangkum tips menjaga agar selalu tetap sehat.
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Mata salah satu bagian tubuh yang vital. Tanpa indra penglihatan, kualitas hidup menurun dan aktivitas juga akan terganggu.

Saat ini, tidak bisa dipungkiri gaya hidup telah berubah. Aktivitas di luar ruangan semakin berkurang. Seiring dengan hal itu, telah muncul kebiasaan baru, yakni beraktivitas di dalam ruangan dengan gadget.

Untuk menjaga kesehatan mata, berikut Tagar merangkum lima cara menjaga kagar mata selalu tetap sehat.

1.  Konsumsi makanan sehat

Kesehatan mata dipengaruhi oleh kesehatan sel-sel saraf dan juga pembuluh darah. Untuk itu, harus mengkonsumsi makanan yang dapat melancarkan aliran darah, seperti buah-buahan, sayuran hijau gelap, dan gandum.

Bisa juga mengjonsumsi makanan tinggi kandungan Zinc, seperti kacang-kacangan, daging merah tanpa lemak, daging unggas dapat melindungi mata dari kerusakan karena cahaya.

2. Berhenti Merokok

Berhentilah merokok, dan bila bukan seorang perokok, jangan pernah berpikir untuk memulainya, agar penglihatan tetap sehat terjaga.

Merokok sangat buruk untuk kesehatan mata dan kesehatan tubuh pada umumnya. Penelitian menunjukkan merokok berkaitan erat dengan peningkatan degenerasi makula, kerusakan syaraf optik dan katarak.

3. Olahraga Mata

Jangan pernah lewatkan olahraga jika menginginkan penglihatan yang baik. Otot-otot mata harus dilatih, untuk menghilangan ketegangan karena ekpose terus menerus.

Bagaimana cara melakukannya? Peganglah pensil tiga inchi jauhkan dari mata, kemudian fokuskan pandangan pada ujung pensil tersebut.

Kemudian, ambil nafas dalam-dalam dan memblok semua cahaya yang masuk ke mata. Selain itu, jangan lupa untuk tidur delapan jam sehari, agar tubuh dan mata cukup beristirahat.

4. Berkediplah

Sering sekali terjadi saat fokus memandang objek yang sangat jauh atau sangat dekat, memperlambat waktu berkedip. 

Gerakan berkedip bertujuan untuk melembabkan mata dan mencegah terjadinya kekeringan, pandangan kabur dan gangguan mata lainnya.[]

Berita terkait
Lima Olahraga untuk Kesehatan Jantung
Karena dengan jantung sehat dan kuat, manusia akan bertahan hidup lebih lama lagi. Berikut Tagar merangkum lima olahraga untuk kesehatan jantung
Empat Manfaat Ketawa untuk Kesehatan
Selain bermanfaat untuk kesehatan mental, tertawa juga berpengaruh positif terhadap banyak organ tubuh.
Diabetes dan 9 Gangguan Kesehatan Akibat Duduk
Aktivitas duduk terlalu lama dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti diabetes, bahkan juga psikologis.
0
Mesranya Ahok dan Puput Nastiti Devi di Hari Pernikahan
Beredar foto mesra Ahok dan Puput di hari pernikahan mereka di media sosial.