UNTUK INDONESIA
Tribune Timur Wergu Wetan Kudus Selesai 120 Hari
Pembangunan tribune timur Stadion Wergu Wetan Kudus mulai pekan ini. Ditargetkan selesai dalam 120 hari.
Pembangunan tribune timur Stadion Wergu Wetan Kudus mulai berjalan. Ditarget selesai dalam 120 hari ke depan. (Foto: Tagar/Nila Niswatul Chusna)

Kudus - Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mulai membangun tribune sisi timur Stadion Wergu Wetan Kudus pekan ini. Proses pembangunan diproyeksikan selesai 120 hari ke depan.

Kepala Bidang Olahraga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kudus Minan Muhammad membenarkan proses pembangunan stadion kebanggan masyarakat Kudus itu telah dimulai. Dengan anggaran Rp 9,2 miliar, tribune sisi timur akan dibangun sepanjang 66 meter, lebar 12 meter dan tinggi 13,7 meter.

"Dari papan skor, pembangunan dilakukan 33 meter ke utara dan 33 meter ke selatan," katanya saat ditemui Tagar di lokasi pembangunan, Selasa, 8 September 2020.

Kalau kompetisi digelar Oktober, perkiraan pembangunan tribune timur ini belum tuntas. Tapi pertandingan dipastikan masih bisa digelar.

Menurut dia, secara umum tribune timur nantinya tidak jauh berbeda dengan existing tribune sisi utara dan selatan. Hanya saja tribune timur nantinya dibangun tanpa atap, sebab anggarannya juga terbatas.

"Konstruksi untuk atapnya ada dan kekuatan bangunannya juga sudah diperkirakan. Hanya saja pembangunannya tidak sampai atap karena kemampuan anggaran," jelasnya.

Tribune baru tersebut akan dibangun dua lantai dengan kapasitas 1.500 tempat duduk. Dengan rincian 1.200 tempat duduk di lantai dua dan 200 tempat duduk untuk lantai satu.

Tribune tersebut nantinya juga dilengkapi dengan fasilitas musala, 16 kamar mandi, empat ruang ganti, lima ruko dan empat titik akses pintu masuk.

Untuk desain pembangunan tribune timur, Minan menegaskan pihaknya hanya melanjutkan desain yang telah ada sebelumnya. "Saya masuk ke Bidang Olahraga, desain ini sudah ada. Pembangunan ini melanjutkan desain yang sudah ada sebelumnya," tutur dia.

Saat disinggung mengenai pembangunan papan skor, Minan menegaskan pihaknya belum ada rencana ke sana. "Ya kami lihat nanti," ujarnya.

Baca juga: 

Ditemui di tempat yang sama, pihak pelaksana kegiatan, Manajer PT Reska Esti Utama, Puryadi mengatakan mobilisasi alat berat dilakukan mulai Selasa malam ini, dilanjutkan material besok, Rabu, 9 September 2020. Alat berat dan material rencananya melalui pintu stadion sebelah selatan.

Antisipasi gangguan aktivitas pembangunan terhadap latihan Persiku jelang Liga 3 2020, Puryadi mengatakan akan melakukan penutupan di area pembangunan. Saat aktivitas pembangunan meningkat, pihaknya juga akan melakukan penyiraman untuk meminimalkan potensi debu.

"Kalau kompetisi digelar Oktober, perkiraan pembangunan tribune timur ini belum tuntas. Tapi pertandingan dipastikan masih bisa digelar," katanya. []

Berita terkait
Liga 3 Jateng Digelar Oktober, tapi Tanpa Suporter
Liga 3 sepak bola Jawa Tengah mulai digelar Oktober mendatang. Namun PSSI tidak membolehkan suporter melihat di stadion.
Ngantor di Desa, Bupati Kudus Jawab Keluhan Netizen
Ptl Bupati Kudus HM Hartopo punya program Sehari Ngantor di Desa. Sekaligus menjawab keluhan netizen soal pelayanan pemerintahan desa.
Warga Dukung Citarum Jadi Home Base PSIS Semarang
Warga sekitar Stadion Citarum mendukung jika stadion itu dijadikan markas PSIS Semarang. Tapi masalah parkir dan keamanan perlu diperhatikan.
0
Airlangga: Zona Merah Dapat Prioritas Vaksin Covid-19
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Pemerintah akan memprioritaskan pemberian vaksin untuk masyarakat di daerah berstatus zona merah.