PUPR Bangun Embung Wisata Gunung di Magelang

Satu lagi destinasi baru bakal muncul di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Embung proyek Kementerian PUPR dikonsep wisata pemandangan gunung.
Proyek pembangunan embung Kementerian PUPR di Desa Pagergunung, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, dikonsep pariwisata dengan latar belakangan pemandangan sejumlag gunung. (Foto: Tagar/Solikhah Ambar Pratiwi)

Magelang - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun embung di Desa Pagergunung, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Tak hanya berfungsi sebagai penampungan air, embung itu juga dikonsep sebagai destinasi wisata dengan latar belakang pemandangan sejumlah gunung. 

Kepala Desa Pagergunung Wahrodi mengungkapkan embung tersebut saat ini sudah dalam tahap pengerjaan. “Anggarannya kalau tidak salah sekitar Rp 4,4 Miliar. Dan sudah mulai dikerjakan bulan Juli kemarin, dan harus selesai bulan Desember 2020 ini,” kata Wahrodi, Kamis, 3 September 2020.

Embung Pagergunung dibangun dengan luas 2.400 meter persegi. Sumber air nantinya berasal dari saluran irigasi dan mata air dengan debit tiga liter per detik. Adapun kapasitas tampungan embung mencapai 8.320 m3.

Embung tersebut nantinya diharapkan bisa menjadi salah satu ikon desa dan juga daya tarik wisata. Sehingga akan berdampak di sektor ekonomi warga.

Yang menarik dari embung ini adalah view cantik di belakangnya yang terdiri dari Gunung Merbabu, Andong, dan Telomoyo. Oleh karena itu, embung tidak hanya akan dimanfaatkan untuk konservasi, irigasi, namun juga pariwisata.

“Embung tersebut nantinya diharapkan bisa menjadi salah satu ikon desa dan juga daya tarik wisata. Sehingga akan berdampak di sektor ekonomi warga,” ujar dia. 

Baca juga: 

Wahrodi menambahkan embung dibangun di atas tanah bengkok desa. Hal itu sesuai dengan kesepakatan dari para perangkat desa setempat.

“Dengan maksud agar tidak muncul masalah di kemudian hari. Ke depan, pengembangan dan pengelolaan akan kami serahkan ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDes),” ucapnya.

Selain embung, Wahrodi berharap pemerintah juga masih akan memberikan bantuan lanjutan. Yakni berupa Ruang Terbuka Hijau (RTH) di sekitar embung.

"Yang pasti kami sangat berharap dengan adanya embung ini mampu mencukupi pasokan air saat musim kemarau. Sehingga masyarakat tetap bisa bercocok tanam," tuturnya. []

Berita terkait
PUPR Bangun Jembatan Gantung dengan Lantai Kaca
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun jembatan gantung dengan lantai kaca, dikombinasikan dengan pencahayaan lampu.
Warna-warni Jembatan Jokowi di Kabupaten Magelang
Jembatan ini dinamai Jembatan Jokowi, diresmikan Presiden Jokowi pada 2017. Keindahan alam dan warna warni jembatan jadi daya tarik.
PUPR Jadikan KSPN Labuan Bajo Destinasi Wisata Premium
Kementerian PUPR bangun KSPN Labuan Bajo NTT menjadi salah satu destinasi wisata premium.
0
Juventus Angkat Kembali Massimiliano Allegri Jadi Pelatih
Juventus telah menunjuk kembali mantan pelatih Massimiliano Allegri hanya beberapa jam setelah memecat Andrea Pirlo