UNTUK INDONESIA
Tokopedia, OVO, Grab Urunan THR Rp 1,5 Miliar, Mau?
Tokopedia, OVO, dan Grab akan menggalang aksi sosial berupa pengumpulan dana untuk disalurkan dalam bentuk THR untuk pekerja sektor informal.
Ilustrasi, Tunjangan Hari Raya (THR). (Gambar: Ist)

Jakarta - Tiga penyedia ekosistem digital terbesar, yakni Tokopedia, OVO, dan Grab berencana menggalang aksi sosial berupa pengumpulan dana untuk disalurkan dalam bentuk tunjangan hari raya (THR) kepada pekerja sektor informal yang terdampak pandemi Covid-19. Nantinya, total dana yang terhimpun diharapkan bisa menembus angka Rp 1,5 miliar.

Dalam siaran pers yang diterima Tagar pada Sabtu,18 April 2020 menyebutkan bahwa tiga pelaku usaha tersebut menargetkan aksi ini dapat mendukung program jaring pengaman sosial yang kini masif digencarkan pemerintah. Selain penyaluran uang tunai, inisiasi ketiga raksasa start up itu juga bakal melakukan kegiatan bagi-bagi sembako kepada pekerja sektor informal.

Organisasi yang ditunjuk untuk mendistribusikan bantuan kepada masyarakat antara lain, Gusdurian, PP Pemuda Muhammadiyah, BenihBaik, serta beberapa LSM lain.

Baca Juga: DPR Tidak Dapat Jatah THR, Fraksi PDIP Angkat Suara 

logo tokopedialogo Tokopedia

Presiden Direktur OVO Karaniya Dharmasaputra mengatakan pihaknya menjembatani kepedulian masyarakat untuk turut meringankan beban sesama melalui transaksi dan donasi nontunai.

“Patungan ini memungkinkan warga untuk berpartisipasi, berkontribusi, dan berbagi kebaikan di bulan suci Ramadan,” ujarnya.

Kami siap mendukung agar semua orang mendapatkan momen bahagia dalam Ramadan.

Sementara itu, Chief Operating Officer Melissa Siska Juminto berharap aksi ini dapat meringankan beban pekerja sektor informal yang kehilangan pendapatan karena Covid-19.

“Untuk patungan THR kali ini kami mendorong gerakan donasi tanpa kontak, mulai dari pengumpulan dana, pesanan barang, hingga pengiriman bantuan,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi menyebut jika perusahaannya berperan untuk mengantarkan bantuan bagi para penerima melalui perantara mitra pengemudi ojol.

“Kami siap mendukung agar semua orang mendapatkan momen bahagia dalam Ramadan,” ucap dia.

GrabOjek online Grab. (Foto: Tagar/Nuranisa Hamdan)

Baca Juga: Khofifah Minta Pengusaha Harus Kasih THR

Nantinya, tiga platform digital tersebut akan memanfaatkan jaringan konsumen yang berjumlah 115 juta pengguna untuk menghimpun dana THR dengan target jumlah penyaluran bantuan sebanyak puluhan ribu pekerja informal. Adapun, organisasi yang ditunjuk untuk mendistribusikan bantuan kepada masyarakat antara lain, Gusdurian, PP Pemuda Muhammadiyah, BenihBaik, serta beberapa LSM lain.[]

Berita terkait
Anggaran Dipotong 27 M, MPR Rela Tak Dapat THR
MPR memahami pengurangan dan pemotongan anggaran sebesar Rp 27 miliar untuk penanganan pandemi Covid-19 dan rela tak dapat THR.
Imbas Covid-19 Jokowi dan Para Menteri Tak Dapat THR
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan Presiden Joko Widodo memutuskan kebijakar THR Lebaran 2020 untuk ASN serta TNI/Polri.
THR dan Gaji Ke-13 Boncos, Berapa Belanja Tahun Ini?
Kementerian Keuangan mengkaji keras opsi peniadaan Tunjangan Hari Raya (THR) dan pemberian gaji ke-13 kepada Aparatur Sipil Negara imbas corona.
0
Jokowi Lantik Hakim Konstitusi Manahan MP Sitompul
Presiden Joko Widodo hari ini, Kamis, 30 April 2020 resmi melantik Manahan MP Sitompul sebagai Hakim Konstitusi 2020-2025.