Tips Tampil Percaya Diri saat Hari Pertama Kerja

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah mempersiapkan segala keperluan bekerja. Mulai dari alat tulis, perangkat laptop, hingga buku catatan.
Pekerja kantoran (Foto: Tagar/Pixels/Christina Morillo)

Jakarta - Memasuki hari pertama kerja memberikan pengalaman yang campur aduk. Mulai dari merasa senang hingga gugup. Apalagi bagi seorang Fresh Graduate.

Akan tetapi, semua perasaan itu bisa diatasi apabila memiliki persiapan yang cukup.

Berikut langkah-langkah bekerja sebagai fresh graduate memasuki hari pertama bekerja.


1. Mempersiapkan Peralatan Kerja

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah mempersiapkan segala keperluan bekerja. Mulai dari alat tulis, perangkat laptop, hingga buku catatan. Biasanya pada hari pertama masuk kerja kita akan disibukkan dengan tugas yang akan dikerjakan. 

Selain itu, anda bisa bergabung dengan rekan dan atasan anda untuk membangun relasi yang baik. Anda juga harus membangun komunikasi dengan menanyakan hal - hal rinci terkait aktivitas serta budaya kantor.


2. Datang Tepat Waktu

Memberikan kesan baik pada hari pertama masuk kerja dengan datang lebih awal dapat mengurangi perasaan gugup. Bayangkan jika hari pertama anda telat masuk kantor, tentunya akan memberikan kesan yang kurang baik bagi atasannya. 

Oleh karena itu, datanglah lebih awal 15 hingga 30 menit sebelum masuk jam kantor. Di waktu luang tersebut dapat anda manfaatkan untuk berkenalan dengan rekan kerja anda atau mengetahui ruangan di kantor anda.


3. Menggunakan Pakaian yang Sesuai

Kesan baik di hari pertama bekerja bisa ditunjukkan dengan menggunakan pakaian yang sesuai. Sebelum masuk kantor, anda dapat menanyakan HRD atau manajemen terkait pakaian yang dapat digunakan. 

Hindari penggunaan jeans atau atasan shirt. Lebih baik gunakan pakaian formal untuk menghindari salah kostum di hari pertama kerja.


4. Menggunakan perhiasan yang berlebihan

Bagi kamu yang baru masuk pertama kerja, tidak ada salahnya untuk tidak menggunakan perhiasan yang berlebihan saat ke kantor. 

Hal ini dikarenakan untuk menghindari kesan mencolok sehingga tidak menjadi bahan cibiran oleh rekan kerja. 

Gunakan perhiasan secukupnya dan tidak berlebihan agar tetap terlihat anggun tanpa mencolok.

Itulah tips-tips agar tampil percaya diri disaat datang pada hari pertama kerja agar kamu lebih siap dan dapat meminimalisir perasaan gugup serta lebih semangat dan percaya diri.[]


(Ratu Mitha Amelia)

Baca Juga:

Berita terkait
3 Zodiak yang Paling Percaya Diri
Orang yang percaya diri biasanya memiliki pandangan positif, menetapkan harapan dan tujuan yang realistis.
3 Cara Orang Tua Dapat Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak
Kecemasan atau anxiety sering terjadi ketika seseorang tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya di masa depan.
Cara Membuat Gado-Gado Khas Betawi
Tak perlu nunggu hari libur untuk bisa menikmati salah satu salad Indonesia, yakni gado-gado khas Betawi.
0
Tips Tampil Percaya Diri saat Hari Pertama Kerja
Hal pertama yang dapat dilakukan adalah mempersiapkan segala keperluan bekerja. Mulai dari alat tulis, perangkat laptop, hingga buku catatan.