Tips Mengatasi Bad Mood dan Cara Memperbaikinya

Bad mood sebetulnya bukan perasaan yang bertahan lama, namun ada kalanya bad mood sangat mengganggu kegiatan sehari-hari.
Ilustrasi bad mood (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Suasana hati memang kerap kali berubah seiring berjalannya waktu. Tak kala mood swing yang cepat berubah berdampak pula pada kegiatan yang sedang dilakukan. Penyebab bad mood ini terjadi juga karena berbagai faktor.

Bad mood sebetulnya bukan perasaan yang bertahan lama, namun ada kalanya bad mood sangat mengganggu kegiatan sehari-hari. Beberapa orang pun terkadang bingung cara mengatasi bad mood dan memperbaiki mood atau suasana hati mereka.

Berikut adalah tips mengatasi bad mood dan memperbaiki mood yang rusak.


Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik ternyata ampuh dalam mengatasi bad mood. Kamu bisa mendengarkan musik favoritmu ketika bad mood sedang melanda di dirimu. Cobalah dengarkan lagu-lagu yang membangkitkan gairah semangat agar mood kamu cepat membaik.


Curhat (Curahkan isi Hatimu)

Curahan Hati atau curhat sangat ampuh dalam mengatasi bad mood. Terkadang kamu harus berbagi cerita dengan teman atau keluargamu. Menahannya sendiri dapat membuat tubuhmu semakin tertekan. 

Berbicara dengan orang terdekat dapat memberikanmu solusi atas persepsi yang berbeda. Sehingga mungkin dapat menemukan solusi atas masalahmu agar bad mood mu cepat mereda.

Izinkan Perasaan Mengalir dan Menerima

Kamu tidak perlu terus-menerus menyalahkan diri sendiri atas emosi bad mood yang sedang melanda. Izinkan dirimu menerima dengan lapang dada akan bad mood ini. Ambillah istirahat sejenak untuk menenangkan pikiran.

Jikalau dirimu membutuhkan waktu sendiri, cobalah untuk menyendiri. Kamu berhak atas waktu untuk dirimu sendiri. Hal ini cukup baik karena mampu meredakan bad mood, selain itu agar bad mood mu tidak tertular atau terlampiaskan ke orang sekitar.


Cari Tahu Pemicunya

Mengatasi bad mood bisa dengan mencari tahu pemicu awal timbulnya bad mood. Kamu bisa merenung sejenak memikirkan hal yang membuat bad mood dan menghubungi orang lain jika membutuhkan saran dan solusi. Setidaknya, kamu sudah mengetahui asal-usul bad mood itu dan menemukan solusinya.


Cukup Tidur

Terkadang rasa bad mood yang bergejolak menyebabkan malas dalam melakukan kegiatan, bahkan untuk tidur sekalipun. Tetapi, jika waktu tidurmu kurang akan berdampak pula pada suasana hati yang memburuk. Sebaiknya cukupkan waktu tidurmu selama 8-9 jam perhari.


Makan

Makan menjadi jalan pintas bagi seseorang yang mengalami bad mood. Makanlah makanan yang membuat mood mu membaik seperti cokelat, ikan, dan kacang-kacangan. Makanan yang masuk ke dalam tubuh akan berdampak pada cara berpikir dan perasaanmu.[]


(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
4 Tips Agar Hubungan Jarak Jauh Tetap Harmonis
Komunikasi yang baik serta meluangkan waktu terhadap pasangan adalah kunci utama menjalani hubungan jarak jauh.
5 Tips Mencegah Serangan Virus Ransomware
Ransomware juga merupakan perangkat lunak pemerasan yang bisa mengunci perangkatmu dan meminta tebusan untuk merilisnya.
10 Tips Mengasuh Bayi Untuk Para Calon Orang Tua
Kehadiran si buah hati akan mendatangkan banyak tantangan baru, terutama bagi para orang tua yang merawat bayi pertama mereka,
0
Tips Mengatasi Bad Mood dan Cara Memperbaikinya
Bad mood sebetulnya bukan perasaan yang bertahan lama, namun ada kalanya bad mood sangat mengganggu kegiatan sehari-hari.