3 Tips Agar Smartphone Tidak Cepat Panas Saat Bermain Game

Jika smartphone mengalami kenaikan suhu yang tinggi dapat menyebabkan masalah yang serius seperti kehilangan data. Ini beberapa tips.
Ilustrasi - Bermain game mobile. (Foto: Tagar/Unplash/Screen post)

Jakarta – Selain menggunakan smartphone sebagai alat untuk berkomunikasi, banyak sebagian orang juga terutama remaja menggunakan smartphone mereka untuk bermain video games. Memang tentunya menyenangkan bisa bermain game di smartphone yang bisa dimainkan dimana saja.

Namun seiring berjalannya teknologi perkembangan game mobile juga semakin meningkat, maka dari itu game mobile membutuhkan spesifikasi smartphone yang cukup tinggi.

Ketika digunakan untuk menjalankan game mobile, smartphone mungkin akan mengalami kenaikan suhu yang berlebih dan tentunya saat terjadi overheat semua sistem smartphone akan otomatis menjadi melambatkan kinerja smartphone.

Hal ini dilakukan untuk mengendalikan panas agar tidak merusak komponen sensitif di dalam smartphone. Jika smartphone mengalami kenaikan suhu yang tinggi dapat menyebabkan masalah yang serius seperti kehilangan data, kebocoran baterai, mati total, dan masalah lainnya yang akan muncul. Adapun beberapa tips untuk menghindari hal tersebut adalah


1. Membersihkan penyimpanan

Smartphone sering sekali penuh dengan aplikasi yang tidak penting serta jarang atau bahkan tidak digunakan oleh anda. Aplikasi – aplikasi tersebut tentunya akan memakan RAM sedikit demi sedikit.

maka dari itu disarankan untuk menghapus atau uninstall aplikasi yang tidak terpakai tersebut karena dapat membuat kinerja smartphone anda menjadi lambat saat bermain game. 

Anda dapat menggunakan fitur Clean storage di setting, kemudian hapus juga audio, cache, foto, video, dan dokumen yang tak terpakai atau anda dapat memindakan file tersebut ke SD Card.


2. Pilihlah smartphone yang memiliki sistem pendingin

Dengan menggunakan smartphone untuk bermain game dalam waktu yang lama tentunya akan membuat smartphone panas.

Maka dari itu sebaiknya anda memilih smartphone yang memiliki spesifikasi hardware dan sortware terbaik, serta memiliki sistem pendingin yang dapat menghilangkan panas berlebih dengan cepat.


3. Tutup aplikasi lainnya

Anda perlu menutup aplikasi lainnya yang berjalan pada belakang (background), karena aplikasi tersebut dapat menyedot RAM anda saat bermain game mobile.

Biasanya aplikasi yang berjalan di background adalah brower, widget, media sosial, serta musik. Dan hapus juga cache dari aplikasi – aplikasi yang sering kamu gunakan. Anda juga bisa menurunkan kecerahan, karena hal ini dapat mempengaruhi smartphone untuk tidak cepat panas selain itu juga dapat menghemat baterai.

(Ranutyas Djati Kusuma)

Berita terkait
Tips Memilih Ponsel untuk Kado Natal Keluarga
Hari Raya Natal biasanya diisi dengan pemberian hadiah kepada sanak keluarga, terutama untuk keluarga terdekat.
Cara Log Out Akun Gmail di Ponsel Android
Cara keluar atau log out akun Gmail dari ponsel tidak sama dengan log out dari laptop.
4 Cara Ampuh Melacak Ponsel yang Hilang
Tidak jarang ponsel kita sering hilang ataupun dicuri orang, begini cara melacak ponsel yang hilang, dijamin ampuh.
0
3 Tips Agar Smartphone Tidak Cepat Panas Saat Bermain Game
Jika smartphone mengalami kenaikan suhu yang tinggi dapat menyebabkan masalah yang serius seperti kehilangan data. Ini beberapa tips.