Tips Praktis Membersihkan Jendela

Membersihkan jendela kamar bisa menjadi pekerjaan yang cukup menantang. Salah satu tipsnya adalah tidak dilakukan saat cuaca cerah.
Ilustrasi Membersihkan Jendela. (Foto: Tagar/The Independent)

Jakarta - Membersihkan jendela kamar bisa menjadi pekerjaan yang cukup menantang. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui tips berikut agar jendela kamar kos kamu tampak kinclong seperti sedia kala. Disadur dari roome.id, berikut ini tipsnya.


Bersihkan Debunya Terlebih Dahulu

Langkah awal yang harus kamu lakukan saat ingin membersihkan kaca jendela adalah dengan menghilangkan debu dan kotoran di kaca maupun kusen. Kamu bisa menggunakan sapu kecil untuk membersihkan semua debu, kotoran, serta sarang laba-laba yang menumpuk. Bersihkan dengan seksama hingga tak ada debu dan kotoran yang tersisa. Ketika sedang membersihkannya, pastikan kamu sudah menggunakan masker untuk menghindari debu-debu yang berterbangan.


Gunakan Kemoceng/Cotton Bud

Untuk membersihkan bagian jendela yang cukup tinggi, kamu bisa menggunakan kemoceng teleskopik berbahan serat mikro yang sudah disemprotkan dengan air. Sedangkan untuk membersihkan sudut-sudut jendela, kamu bisa menggunakan cotton bud yang sudah disemprotkan dengan air.


Bersihkan dengan Cairan Pencuci Piring

Cairan pencuci piring ternyata bisa juga, lho, digunakan untuk membersihkan kaca. Siapkan satu wadah kecil berisi air panas, kemudian tambahkan beberapa tetes cairan pencuci piring. Masukkan ke dalam alat penyemprot dan semprotkan pada kaca jendela yang ingin dibersihkan. Cairan pencuci piring ini efektif untuk mengangkat debu dan kotoran yang menempel di kaca jendela. Gunakan karet pembersih kaca untuk membersihkan kaca jendela kamar kosmu.


Bersihkan Kaca Jendela dari Atas ke Bawah

Seperti yang kita tahu bersama, bila bumi memiliki gravitasi yang membuat zat cair turun ke bawah. Itulah sebabnya, bila kamu ingin membersihkan kaca jendela sebaiknya dilakukan dari atas ke bawah. Dengan cara ini, kamu jadi tidak bekerja ekstra saat membersihkan kaca jendela kamar kos.

Bayangkan bila kamu membersihkan kaca jendela dari arah sebaliknya, yaitu atas-bawah-bawah-atas. Pastinya akan membuat kamu merasa capek. Sebab, kotoran yang sudah kamu usap ke bawah akan kembali ke atas sehingga kaca akan kembali kotor. Alhasil, kamu harus membersihkan kaca jendela berulang-ulang.


Hindari Membersihkan Kaca Jendela Saat Cuaca Cerah

Mungkin banyak dari kamu yang menganggap membersihkan kaca jendela sebaiknya dilakukan ketika cuaca sedang cerah. Nyatanya, hal tersebut tidaklah tepat. Membersihkan kaca jendela saat cuaca cerah justru akan merepotkan kamu.

Suhu panas bisa membuat sabun pembersih kaca cepat mengering, sehingga bagian jendela yang sudah disemprotkan sabun tapi belum dibersihkan juga akan mengering. Akibatnya, sabun yang mengering akan meninggalkan noda tambahan pada kaca jendela. Untuk menghindari hal tersebut, disarankan membersihkan kaca jendela kamar kos ketika cuaca sedang teduh atau mendung. []


Baca juga



Berita terkait
Tips Fokus Kerja Saat Work From Home
Pandemi memaksa kita bekerja dari rumah atau Work From Home untuk cegah persebaran Covid-19. Salah satu tips agar fokus bekerja adalah tata letak.
Tips Membuat Teh Hijau Tubruk dan Trik menyeduhnya
Dalam membuat teh hijau, daunnya direndam dalam air yang suhunya tidak boleh lebih dari 90° C. Tujuannya, agar teh hijau tidak terasa pahit.
Tips Mahir Bahasa Inggris dengan Cara Mudah dan Menyenangkan
Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional wajib untuk dipelajari. Salah satu mempelajari bahasa Inggris adalah dengan menonton video YouTube.
0
Tips Praktis Membersihkan Jendela
Membersihkan jendela kamar bisa menjadi pekerjaan yang cukup menantang. Salah satu tipsnya adalah tidak dilakukan saat cuaca cerah.