UNTUK INDONESIA
7 Tips Berpakaian Pria Gemuk Agar Terlihat Ramping
Bagi pria berbadan gemuk terkadang ketika berpakaian tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Nah Tagar bagikan tips agar tampil lebih ramping.
7 Tips Berpakaian Pria Gemuk Agar Terlihat Ramping. (Foto: Instagram/bigbro.jumbo)

Jakarta - Cara berpakaian bagi pria berbadan gemuk tentu akan menjadi sorotan. Guna menunjang penampilan, mereka besar akan berusaha agar terlihat lebih ramping.

"Ada beberapa segmen untuk pemilihan warna baju, pertama melihat dari segi ukuran badan, kedua melihat dari warna kulit penggunanya," ucap Marketing Communication Koze Indonesia Amandeo Adhyakusuma. 

Nah, Tagar rangkumkan beberapa tips agar pria berbadan gemuk tetap terlihat ramping ketika berpakaian.

1. Pakai Baju Warna Gelap

Warna gelap memberi kesan kosong artinya akan terlihat lebih kurus bagi para penggunanya. Agar tidak terlihat semakin besar, hindari menggunakan pakaian khususnya atasan yang berwarna cerah.

"Tips untuk orang berbadan gemuk ketika ingin terlihat ramping memakai baju warna gelap, seperti biru navy, hitam, hijau gelap dan kalo bisa polos, karena psikologinya warna hitam membuat penggunanya lebih terlihat ramping dibanding warna cerah," ucap Amandeo kepada Tagar di JakCloth 2019, Kamis, 26 Desember 2019.

2. Gunakan Ukuran yang Pas di Badan

Pemilihan ukuran baju juga sangat berpengaruh pada penampilan ketika berpakaian. Orang yang memiliki badan yang besar disarankan agar menggunakan ukuran Regular Fit, Plus Size, atau Custom Fit (dibuat sendiri).

Apabila memakai baju yang ketat, maka akan muncul beberapa tonjolan bentuk tubuh yang tidak enah dilihat. Tidak hanya untuk orang berbadan besar, sebaliknya begitu juga pada pemilik badan kecil.

Dianjurkan untuk menggunakan ukuran baju yang slim fit agar pas di badan ketika dipakai. Jika menggunakan baju yang terlalu besar, maka penggunanya akan terlihat tenggelam.

3. Pemilihan Motif

Motif pada pakaian yang digunakan juga cukup mempengaruhi penampilan pengguna. Untuk yang memiliki badan gemuk disarankan agar memakai pakaian dengan pola standar tidak perlu yang aneh-aneh.

Contohnya seperti motif polos, pola kotak-kotak kecil, atau garis vertikal.

4. Memperhatikan pemilihan bahan

Pemilihan bahan yang tepat salah satu cara agar penampilan berpakaian menjadi terlihat sempurna khususnya untuk orang berbadan gemuk. Pilihlah pakaian yang berbahan ringan dan kuat, karena bahan yang tebal akan membuat tubuh semakin terlihat besar.

Tetapi juga jangan menggunakan pakaian yang terlalu tipis, karena bisa menimbulkan tonjolan pada bagian tubuh tertentu bagi orang berbadan besar.

Bahan yang tebal dan murah memiliki sifat yang panas dan bisa membuat produksi keringat meningkat di tubuh. Untuk memilih outer seperti jas, sweater, mantel disarankan menggunakan bahan kasmir, sutra dan wol serta hindari bahan poliester.

5. Menggunakan Baju dengan Model Kerah V-Neck

Bagi orang yang memiliki tubuh besar disarankan agar menggunakan kaos dengan model kerah V-Neck. Hal ini bisa membantu penggunanya terlihat lebih ramping karena bagian leher menjadi lebih terlihat.

Hindari pakaian yang memiliki model kerah turtle neck, karena mempertegas kesan gemuk dari bagian kepala.

6. Penggunaan celana

Untuk celana sendiri disarankan untuk menggunakan ukuran yang tidak terlalu ketat tetapi juga tidak terlalu besar. Karena penggunaan celana tidak melihat dari sisi besarnya badan saja tetapi juga dari tinggi badan.

Apabila pengguna celana tidak terlalu tinggi dan memakai celana besar maka akan terlihat bontot atau pendek, jadi usahakan pake regular fit.

7. Penggunaan Aksesoris

Penggunaan aksesoris juga membantu penampilan orang yang memiliki badan besar terlihat lebih ramping. Jika menggunakan dasi, pilihlah dasi yang berukuran lebar, karena ketika memakai dasi yang kecil kesan tubuh terlihat besar semakin kuat.

Memakai jam tangan juga bisa menjadi rekomendasi dengan catatan, ukuran jamnya sedikit besar agar tubuh terlihat proporsional. []

Berita terkait
Gebrakan Koze di JackCloth Year-End Sale 2019
Koze salah satu brand local yang ikut bersaing di industri fashion tanang air, terlihat dari eksistensinya di JackCloth Year-End Sale 2019.
JakCloth 2019, Ajang Pembuktian Kualitas Brand Lokal
Gelaran pameran dan penjualan produk sandang JakCloth 2019 jadi ajang pembuktian kualitas brand lokal melawan dominasi merek luar negeri.
Tujuh Alasan Kenapa Belanja Pakaian Bekas
Selain karena kondisi keuangan, ini tujuh alasan kenapa seseorang membeli pakaian bekas.
0
Es Pisang Ijo, Menu Buka Puasa Khas Makassar
Salahs atu takjil yang paling laris dan paling diburu warga Makassar saat berbuka puasa adalah es pisang ijo