Tips Mahir Bahasa Inggris dengan Cara Mudah dan Menyenangkan

Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional wajib untuk dipelajari. Salah satu mempelajari bahasa Inggris adalah dengan menonton video YouTube.
Ilustrasi Nonton Video. (Foto: Tagar/Edu2Review)

Jakarta - Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional menjadikan kita wajib mempelajarinya. Beberapa orang memilih membayar mahal untuk belajar bahasa Inggris melalui lembaga-lembaga kursus. Padahal, ada cara lain yang lebih murah dan tidak kalah efektifnya, kok. Simak tips berikut!


Lirik Lagu

Apa lagu favorit yang paling sering kamu dengar belakangan ini? Jika kamu termasuk pendengar musik-musik dari luar negeri, tak ada salahnya untuk belajar menelaah makna dari lirik lagu yang kamu dengarkan.

Mempelajari bahasa Inggris lewat lirik lagu merupakan salah satu cara belajar yang menyenangkan, lho. Kamu bahkan bisa dengan mudah mempelajarinya di manapun.

Jika kamu kesulitan menangkap apa yang dimaksud dari lagu tersebut, kamu bisa minta bantuan Google dan mencari lirik dari lagu tersebut. Selain belajar, kamu juga jadi bisa lebih menghayati saat mendengar lagu tersebut, kan, kalau kamu mengerti artinya?


Menonton Film

Menonton film dan acara TV berbahasa Inggris juga membantu kamu dalam belajar dan memahami bahasa Inggris.

Bonusnya lagi, kamu jadi tahu istilah slang yang umum digunakan atau idiom dan frasa dalam bahasa Inggris. Hal ini tentu dapat memperluas kosakata bahasa Inggrismu juga, kan?

Jika kamu kesulitan memahami apa yang para pemain film katakan, kamu mungkin bisa menggunakan subtitle pada awalnya. Nah, setelah kamu sudah lumayan mengerti, tantanglah dirimu untuk menonton film tanpa menggunakan subtitle. Hitung-hitung menguji pemahaman kamu terhadap bahasa Inggris.


Membaca Artikel atau Buku

Membaca sama pentingnya dengan mendengarkan ketika belajar bahasa Inggris. Membaca dan mendengarkan, keduanya mampu menajamkan pikiran dan melatih kamu untuk berpikir dalam bahasa Inggris.

Karena saat membaca, otak kita bekerja secara otomatis untuk menerjemahkan maksud dari tulisan bahasa Inggris tersebut. Semakin banyak kamu membaca, semakin banyak pula kamu terpapar kalimat bahasa Inggris yang terstruktur. Sehingga, selain menguasai kosakata baru, kamu juga akan mampu berbicara secara formal maupun kasual dalam bahasa Inggris.


Belajar melalui YouTube

Lupakan cara belajar membosankan di mana kamu hanya duduk berjam-jam di kelas dan mendengarkan guru bahasa Inggrismu berbicara. Cobalah untuk manfaatkan kecanggihan teknologi dengan belajar bahasa Inggris lewat YouTube.

Saat ini, sudah banyak kanal di YouTube yang memberi tips dan mengajarkan kita agar mampu menguasai bahasa Inggris.

Menonton video ulasan mereka, juga bagus untuk memahami dan berkomunikasi dalam bahasa Inggris.


Chatting

Chatting menggunakan bahasa Inggris baik dengan teman ataupun ‘orang asing’ secara online adalah cara yang menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris.

Chatting adalah cara paling ringan dan mudah untuk belajar bahasa Inggris karena kamu bisa mempraktekkan apa yang telah kamu pelajari dengan cara yang santai.

Sebelum kamu mengirim chat atau pesan, kamu bisa memeriksa apakah ada kesalahan tata bahasa. Selain itu, kamu juga bisa mengajak teman-temanmu yang sama-sama ingin melatih kemampuan bahasa Inggrisnya untuk berbicara dalam bahasa Inggris agar lebih memotivasi satu sama lain. []



Baca juga


Berita terkait
Kemenparekraf Latih Bahasa Inggris Pelaku Ekonomi Kreatif
Pelaku ekonomi kreatif dilatih berbahasa Inggris lewat program Digital English Course oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Tips Menambah Kosakata Bahasa Inggris untuk Kamu
Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperkaya kosakata bahasa Inggrismu.
BTS Rilis Lagu Berbahasa Inggris, Dengarkan di Sini
Boyband BangTan Sonyeondan atau BTS mengumumkan akan merilis single baru pada Jumat, 21 Agustus 2020.
0
Tips Mahir Bahasa Inggris dengan Cara Mudah dan Menyenangkan
Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional wajib untuk dipelajari. Salah satu mempelajari bahasa Inggris adalah dengan menonton video YouTube.