Tips Pengendara Mortor Mengahapi Musim Hujan

Masyarakat yang beraktivitas menggunakan sepeda motor harus berhati-hati saat berkendara di musim hujan.
Ilustrasi berkendara saat hujan (Foto: Tagar/Pexels/Cottonbro)

Jakarta - Menjelang akhir tahun wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya sudah mulai musim hujan. Masyarakat yang beraktivitas menggunakan sepeda motor harus berhati-hati saat berkendara di musim hujan. 

Pasalnya kondisi jalan yang basah dan licin disertai genangan air dijalan, mewajibkan pengguna memperhatikan perlengkapan diri saat musim hujan dan pastikan kondisi motor anda dalam kondisi prima supaya terhindah dari masalah.

Berikut tips untuk pengendara motor menghadapi musim hujan.


Membawa jas hujan

Musim hujan di DKI Jakarta tentu akan menyulitkan aktivitas masyarakat yang harus berpergian. Pastikan sebelum berkendara, anda membawa jas hujan di bagasi motor anda, hujan yang turun secara tiba-tiba bisa bisa sangat menjengkelkan bila anda tidak membawa jas hujan dan harus menunggu hujan berhenti.


Sandal atau Sepatu Karet

Sejumlah ruas jalan yang tergenang air hujan dapat mengotori sepatu anda saat berkendara dengan sepeda motor. Solusinya anda dapat membawa sandal atau sepatu karet untuk digunakan jika kondisi jalan sangat basah dan berpotensi mengotori sepatu sekolah ataupu sepatu kerja.


Kondisi Ban

Sebelum berangkat ada baiknya memeriksa kondisi ban motor anda. Pengecekan yang dilakukan mulai dari alur ban hingga tekanan ban. Hal ini pernting dilakukan, jika ban yang kurang prima akan menyebabkan tergelincir saat melintasi jalan basah. Tekanan ban yang direkomendasikan saat musim hujan yaitu tekanan ban sedang.


Busi

Jangan berkendara melewati genangan air yang tinggi, karena dapat menyebabkan motor anda mogok. Jika sudah terlanjur melewati jalan bajir, perlu dilakukan pengecekan busi, kepala busi, dan kap busi. Busi yang basah terkena air dapat dilepas, dibersihkan dan dikeringkan untuk dipasang kembali.


Kampas Rem

Kampas rem yang terkena air hujan dalam waktu yang lama akan menyebabkan bunyi saat digunakan. Perhatikan kondisi kampas rem motor anda, jika kampas rem sudah aus tidak ada salahnya untuk membawa ke bengkel untuk diganti.


Kebersihan Motor

Penggunaan motor di musim hujan tentunya akan mengurangi penampilan motor anda. Cuci motor anda secara berkala supaya kebersihan motor yang terkena air hujan terjaga dan bebas dari lumpur, pasir, dan kotoran yang dapat merusak komponen motor.[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Lagu K-pop Ini Bisa Jadi Teman Hujanmu
Datangnya hujan pun bisa sebagai pengantar suasana hati yang baru. Rasanya tidak lengkap jika tidak ada teman untuk menikmati hujan.
7 Fakta Unik Gochujang, Pasta Cabai Khas Korea
Beberapa makanan Korea hadir dengan warna merah merona, orang Indonesia sangat mungkin tergoda ketika melihatnya.
Kenali Kesalahan Menyalakan Lampu Hazard Saat Hujan Deras
Masih banyak sekali pengendaraan mobil yang menyalakan lampu hazard atau lampu darurat pada saat hujan deras di jalan tol. Ini akibatnya.
0
Tips Pengendara Mortor Mengahapi Musim Hujan
Masyarakat yang beraktivitas menggunakan sepeda motor harus berhati-hati saat berkendara di musim hujan.