5 Tips Sebelum Anda Memutuskan Membeli Motor Bekas

Motor bekas saat ini cukup banyak diminati oleh masyarakat harganya yang lebih murah dari pada harga barunya. Berikut tips sebelum membelinya.
Ilustrasi - Motor Bekas. (Foto: Tagar/Federal Oil)

Jakarta - Motor bekas atau second saat ini cukup banyak diminati oleh masyarakat dikarenakan pandemi Covid-19 serta harganya yang lebih murah dari pada harga barunya. Namun untuk membeli motor bekas membutuhkan ketelitian serta kesabaran agar tidak tertipu nantinya.

Sebelum membeli motor bekas ada beberapa hal yang anda harus ketahui sebelum memutus kan untuk membelinya. Berikut ini 5 tips yang harus anda perhatikan untuk membeli motor bekas dengan kondisi yang baik serta tidak merugikan anda nantinya.


1. Tentukan motor yang anda inginkan

Sudah pasti sebelum anda membeli motor anda harus tahu dulu motor apa yang anda ingin beli. Jika tidak ditentukan dari sekarang, tentunya saat datang ke penjualan motor bekas anda pasti kebingungan dan kesulitan untuk menentukan manakah motor yang cocok bagi Anda.

Pilihlah motor sesuai dengan kebutuhan Anda. Contohnya jika digunakan untuk perjalanan dekat maka pilihlah motor dengan cc kecil saja, begitu pun juga sebaliknya


2. Mengetahui harga pasaran

Sangatlah penting jika anda mengetahui harga pasaran dari motor yang ingin kalian beli agar nantinya tidak tertipu oleh penjual. Harga jual pasaran ini dipengaruhi tahun produksi motornya, semakin tua maka harga semakin murah.


3.Mengecek nomor rangka dan nomor mesin motor

langkah selanjutnya agar aman dalam membeli motor bekas adalah untuk mengecek nomor rangka dan nomor mesin motor. Pastikan nomor rangka dan nomor mesin sama dengan yang tertera di surat – surat motor tersebut.

Jika anda ragu dengan nomor rangka dan nomor mesin tersebut, anda dapat menggunakan layanan polisi dengan mengirimkan sebuah pesan singkat dengan format Metro(spasi)nomor polisi lalu kirim ke 1717, tapi layanan ini hanya berlaku di Jakarta saja.


4. Memeriksa kondisi oli

Oli merupakan hal yang wajib ada pada mesin kendaraan, tanpa adanya oli mesin bisa mengalami kerusakan parah. Periksalah apakah jumlah oli berlebihan atau tidak. Oli yang masih bagus akan meredam suara mesin. Jadi cobalah untuk menyalahkan mesin motor terlebih dahulu.


5. Test drive

Tips terakhir dalam membeli motor bekas adalah untuk test drive. Dengan anda melakukan test drive sebelum anda membeli maka anda akan tahu apakah ada kebocoran air radiator atau oli. 

Selain itu dengan test drive anda akan dapat merasakan mesin tersebut masih layak kah untuk dipakai, serta fungsi yang lainnya seperti spedometer, sein, klaskson, lampu depan dan belakang yang masih berfungsi

(Ranutyas Djati kusuma)

Berita terkait
Harga Motor Bekas Anjlok Akibat Pandemi Covid-19
Harga penjualan sepeda motor bekas terpaksa turun akibat sepi pembeli menyusul situasi pandemi Covid-19 di Indonesia.
Foto Pengendara Motor di Bekasi Panik Melihat Banjir
Para pengendara motor menghalau panik, berusaha tenang, mengumpulkan keberanian untuk melinatasi banjir di Jalan Pejuang Raya kawasan Bekasi Barat.
Geramnya Warga Terhadap Geng Motor di Bekasi
Kasus penjahat berkelompok atau biasa disebut gengster yang ramai akhir-akhir ini di Tambun, Bekasi, Jawa Barat, membuat warga resah.
0
5 Tips Sebelum Anda Memutuskan Membeli Motor Bekas
Motor bekas saat ini cukup banyak diminati oleh masyarakat harganya yang lebih murah dari pada harga barunya. Berikut tips sebelum membelinya.