Tips Membeli Motor Honda PCX secara Kredit di Marketplace

Membeli motor Honda PCX sudah bisa dilakukan secara online dengan memanfaatkan marketplace.
LED headlight Honda PCX 125 2021. (Foto: Tagar/Honda.co.uk)

Jakarta - Membeli motor Honda PCX sudah bisa dilakukan secara online dengan memanfaatkan marketplace. Anda bisa membeli motor tersebut secara tunai maupun secara mencicil dengan menggunakan kartu kredit. Jadi, proses transaksi bisa lebih mudah dan cepat.

Apabila Anda berencana membeli kendaraan roda 2 secara online dengan menggunakan marketplace seperti Blibli. Ada baiknya memperhatikan beberapa tips berikut. Dengan begitu, transaksi bisa berjalan dengan aman dan barang bisa segera dikirim sampai ke rumah dengan selamat.


1. Pilih Kartu Kredit yang Tepat

Apabila ingin membeli motor secara kredit, ada baiknya untuk memilih kartu kredit yang memang benar-benar sesuai. Platform jual beli online seperti Blibli, menjalin kerja sama dengan puluhan provider kartu kredit dari bank yang ada di Indonesia.

Setiap layanan kredit memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Ada yang menawarkan cicilan selama 12 bulan. Ada juga yang menawarkan cicilan hingga 24 bulan. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan apakah akan membayar cicilan selama 1 tahun atau 2 tahun.

Apabila ingin membayar secara santai dan tidak terlalu terbebani setiap bulannya. Disarankan untuk mengambil tenor sekitar 24 bulan. Namun, semua tergantung dengan kartu kredit yang Anda gunakan apakah menawarkan layanan itu atau tidak. Karena secara umum layanan cicilan hanya berlaku untuk tenor 12 bulan.


2. Pertimbangkan Rating Penjual

Selalu pertimbangkan rating dari penjual atau dealer yang membuka penjualan di marketplace. Hindari membeli produk sepeda motor seperti Honda PCX dari perorangan. Lebih baik membeli secara langsung dari dealer besar yang terpercaya sehingga minim sekali terjadi penipuan.

Melalui marketplace Blibli, Anda bisa langsung mengecek rating dari para penjual sepeda motor. Biasanya akan terlihat dengan jelas kira-kira berapa nilai yang sudah diberikan para pembeli beserta ulasannya.

Jadi, risiko untuk tidak menerima barang setelah melakukan transaksi akan kecil. Apalagi transaksi di marketplace berjalan secara aman. Kalaupun ada masalah bisa langsung ditelusuri.


3. Pertimbangkan Pengiriman Barang

Saat membeli sepeda motor secara online. Selalu pertimbangkan bagaimana kendaraan itu nantinya akan dikirim. Mau bagaimanapun barang yang dikirim pasti memerlukan ongkos yang jumlahnya tidak sedikit. Apalagi sepeda motor memiliki volume yang besar dan berat yang cukup tinggi.

Apabila pengiriman berasal dari luar provinsi atau dari luar pulau. Biaya pengirimannya kemungkinan bisa lebih besar. Itulah kenapa disarankan untuk membeli dari penjual yang lokasinya berdekatan. Apabila lokasinya terlalu jauh lebih baik diurungkan terlebih dahulu.

Biasanya pengiriman sepeda motor ini dilakukan oleh ekspedisi besar. Apabila lokasinya dekat, kemungkinan besar akan diantar langsung oleh pihak yang melakukan penjualan. Jadi, biaya kirimnya bisa lebih sedikit atau bisa juga tidak perlu membayar apapun.


4. Perhatikan Garansi yang Ditawarkan

Saat akan melakukan pembelian, Anda harus memperhatikan garansi yang diberikan oleh dealer atau toko. Garansi ini bisa dalam bentuk servis yang dilakukan selama beberapa tahun khususnya tuneup rutin

Selain itu, garansi juga bisa dalam bentuk penggantian unit apabila selama pengiriman terjadi masalah atau ada bagian yang cacat. Apabila Anda tidak tahu apa saja garansi yang akan diberikan oleh toko atau dealer, ada baiknya untuk langsung menanyakan.

Apabila garansi yang ditawarkan cukup banyak dan menarik, Anda bisa melakukan pembelian di sana. Sebaliknya apabila tidak terdapat garansi apapun bahkan saat pengiriman tidak ada ada subsidi biaya. Pertimbangkan untuk memilih yang lain.


5. Cek Spesifikasi Kendaraan

Membeli barang secara online memiliki keterbatasan karena tidak bisa melihat secara langsung kendaraan yang akan dibeli. Itulah kenapa disarankan untuk selalu mengecek spesifikasi dari kendaraan sebelum memutuskan untuk beli.

Pengecekan spesifikasi kendaraan itu akan membuat Anda semakin yakin apakah akan membeli atau tidak. Biasanya di setiap marketplace akan menuliskan spesifikasi lengkap dari kendaraan tersebut khususnya yang berhubungan dengan mesin hingga fitur standar lainnya.


6. Beli Saat Ada Promosi

Saat akan beli secara kredit, ada baiknya untuk selalu menunggu datangnya promosi atau potongan harga. Umumnya promosi akan diadakan selama beberapa bulan sekali dalam bentuk potongan harga atau pemberian bonus tertentu.

Apabila promo tersebut dalam bentuk potongan harga atau cashback. Anda bisa lebih hemat saat melakukan pembelian secara tunai. Jadi harga yang harus dibeli tidak akan terlalu besar dibandingkan dengan harga aslinya.

Itulah kenapa sebelum membeli tidak ada salahnya untuk mengecek terlebih dahulu apakah promosi atau tidak. Apabila ada promosi, Anda bisa langsung melakukan transaksi. Jika tidak, bisa menunggu terlebih dahulu selama Anda masih bisa sabar.

Hal terpenting saat akan membeli motor Honda PCX secara online baik tunai atau kredit adalah bujet yang dimiliki. Selama budget yang dimiliki cukup, Anda bisa memberi kapanpun. Sebaliknya, jika bujetnya masih kurang, lebih baik menghindari atau memilih merek yang lain.

Selain masalah bujet yang cukup krusial. Pengiriman dari motor juga harus dipikirkan dengan baik. Biaya kirimnya tentu akan besar jika pembelian dilakukan antar provinsi ataupun pulau. Itulah kenapa Anda harus membeli motor Honda PCX yang lokasinya berdekatan meski secara online.[]

Baca Juga:

Berita terkait
Menperin: Honda Bakal Pindahkan Pabrik dari India ke Indonesia
Menperin mengatakan, Principal Honda di Jepang berencana untuk merelokasi fasilitas pabriknya dari India ke Indonesia.
Piaggio Kerja Sama Konsorsium Baterai Swap dengan Honda dan Yamaha
Piaggio Group menandatangani perjanjuan kerja sama persiapan konsorsium baterai swap dengan Honda dan Yamaha.
Fitur Beragam Skutik Besar Honda Forza
PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penyegaran pada skutik besar Honda Forza melalui beragam fitur dan desain teranyar.
0
Tips Membeli Motor Honda PCX secara Kredit di Marketplace
Membeli motor Honda PCX sudah bisa dilakukan secara online dengan memanfaatkan marketplace.