Tips Mulai Investasi, Aline Wiratmaja: Mulai Saja dan Pelajari

Trader Investor (Your Money Buddy) di Indonesia, Aline Wiratmaja mengatakan bahwa untuk memulai langkah awal dalam berinvestasi. Ini tipsnya.
Aline Wiratmaja dalam Webinar Asuransi dan Investasi "Cari Cuan Sambil Rebahan" melalui Zoom, Sabtu, 20 November 2021. (Foto: Tagar/Alwin)

Jakarta – Trader Investor (Your Money Buddy) di Indonesia, Aline Wiratmaja mengatakan bahwa untuk memulai langkah awal dalam berinvestasi adalah mulai saja dulu sebagai step awal dan pelajari dulu investasi yang di inginkan.

Hal ini disampaikan Aline Wiratmaja dalam Webinar Investasi dan Asuransi yang diadakan oleh Tagar.id, dengan topik “Cari Cuan Sambil Rebahan” yang dilaksanakan pada hari ini, Sabtu, 20 November 2021 melalui Zoom.

“Memulai investasi? mulai saja. Jadi, misalnya pengen investasi di saham buka rekening saham, pengen investasi reksadana download aplikasi reksadana yang kalian mau, pengen investasi di crypto download aplikasinya yang kalian mau. Jadi, seperi first step itu penting menurut aku, itu saja dulu dan pelajari instrumennya,” ucap Aline Wiratmaja dalam Webinar Investasi dan Asuransi “Cari Cuan Sambil Rebahan”, Sabtu, 20 November 2021.


Kalau kita namanya investasi itu harus kaya ada psikologi gitu itu tenang, nyaman fun jadi itu sangat berkaitan banget dengan pengaturan keuangan kita dan juga dari sisi alokasi dana.


Namun, Aline Wiratmaja juga mengingatkan kalau jangan terlalu berlebihan dengan melakukan segala-galanya (hasil investasi uang) ke instrumen investasi yang baru ingin kita mulai dan belum terlalu dipelajari.

“Tidak apa-apa dikit dulu ajah, start small and start now. Intinya jangan sampe kaya kita menunggu momentum yang sempurna banget, tunggu kita paham dan nantinya malahan ga mulai-mulai cuman pinter di teori saja, dengan mencoba mengahadapi realita pasar berbeda lagi,” kata Aline Wiratmaja.

Pasalnya, dalam memulai investasi, bisa dapat kita pelajari dari para mentor, konten-konten dari sosial media, dari buku dan yang lainnya yang mempunyai banyak diskursus yang mempelajari mengenai investasi.

Lanjutnya, Aline Wiratmaja juga menyampaikan bahwa kalau namanya investasi harus mempunyai psikologi yang sehat, baik, nyaman, dan fun. Karena hal itu sangat berkaitan sekali dengan pengaturan keuangan dan juga dari sisi alokasi dana.

“Kalau kita namanya investasi itu harus kaya ada psikologi gitu itu tenang, nyaman, fun. Jadi itu sangat berkaitan banget dengan pengaturan keuangan kita dan juga dari sisi alokasi dana,” katanya.

Investasi ke diri sendiri menjadi hal yang sangat penting dalam memulai investasi. Karena dengan itu dapat mengetahui terlebih dahulu profile resikonya seperti apa di dalam dunia investasi.

(Alwin Widiyantoro)

Berita terkait
3 Tips Investasi Obligasi yang Dijamin Menguntungkan
Modal yang cukup akan memberikan peluang besar untuk meraih keuntungan bagi Anda yang menjalankan investasi yang satu ini.
Begini Tips Sebelum Investasi Saham Ala Aline Wiratmaja
Salah satu investasi yang banyak dipilih masyarakat Indonesia adalah investasi saham karena legal dan berpotensi menghasilkan keuntungan.
Mau Investasi Emas Secara Online? Ini Tips Paling Aman
Saat ini masyarakat di berbagai negara dimudahkan dengan adanya investasi emas secara online. Begini tips paling aman yang harus kamu ikuti.
0
Pentingnya Investasi dan Asuransi Ala Olivia Louise
Seorang investor sekaligus konten kreator untuk finansial dan investasi keluarga Olivia Louise mengatakan bahwa investasi dan asuransi itu penting.