Begini Tips Sebelum Investasi Saham Ala Aline Wiratmaja

Salah satu investasi yang banyak dipilih masyarakat Indonesia adalah investasi saham karena legal dan berpotensi menghasilkan keuntungan.
Aline Wiratmaja. (Foto: Tagar/Instagram/@alinewiratmaja)

Jakarta – Menyiapkan dana untuk masa depan tentunya perlu dilakukan sejak awal. Artinya sejak kamu memiliki penghasilan sendiri, maka untuk mengatur keuangan juga serta merta harus dimulai. Mulai dari cara menabung hingga menempatkan dana di instrumen invetasi menjadi pilihan yang tepat dalam merancang finansial lebih baik di masa yang akan datang.

Salah satu investasi yang banyak dipilih masyarakat Indonesia adalah investasi saham karena legal dan berpotensi menghasilkan keuntungan yang tinggi. Namun, kamu jangan langsung tergiur untuk mulai berinvestasi saham karena banyak yang harus kamu pahami agar mendapatkan keuntungan dan tidak merugi.

Berikut ini ada beberapa tips yang kamu perlu ketahui sebelum memulai investasi saham dari Aline Wiratmaja, yaitu.


1. Punya Income

Pentingnya memiliki income tetap yang dapat kita gunakan untuk mencukupi biaya hidup sehari-hari. Memiliki pendapatan extra dari pekerjaan sampingan atau paruh waktu juga dapat dijadikan sebagai alternatif untuk tambahan penghasilan.


2. Punya Insurance

Punya asuransi yang memadai sangat penting apalagi di zaman sekarang ini. Kenapa? Biar investasi kita tidak harus diutak atik pas kita sakit dan harus bayar tagihan Rumah Sakit.


3. Hutang yang Terkontrol

Jangan sampai cicilan utang habisin income kita, atau kita keteteran bayar cicilan utang. Kalau udah gitu, gimana mau investasi kalau tidak punya utang lebih sedap lagi.


4. Punya Dana Darurat

Dana darurat dibutuhkan kalau ada kebutuhan mendadak. Apakah dana darurat harus aman dulu sebelum investasi saham? Idealnya begitu. 

Tapi investasi saham juga butuh proses untuk kita dapat “feel” nya. Sambil ngumpulin dana darurat, bolehlah sedikit dana disisihkan untuk cicil beli saham dari perusahaan bagus.


5. Pengeluaran Tetap Sudah Aman

Apa yang dimaksud dengan pengeluaran tetap? Yaitu biaya-biaya yang pasti dikeluarkan setiap bulannya. Contoh seperti uang sekolah anak, listrik, uang cicilan KPR, uang cicilan mobil, dan uang dapur pastikan sudah aman.

(Emilya Rahmawati)

Berita terkait
Mau Investasi Emas Secara Online? Ini Tips Paling Aman
Saat ini masyarakat di berbagai negara dimudahkan dengan adanya investasi emas secara online. Begini tips paling aman yang harus kamu ikuti.
Ingin Investasi Sukuk? Begini Cara Membelinya
Secara sederhana, obligasi negara dikategorikan menjadi dua bagian yaitu obligasi konvensional dan obligasi syariah.
Wow! Begini Cara Investasi di Indodax Agar Profit
Indodax merupakan sebuah marketplace terbesar untuk melakukan jual dan beli aset kripto di Indonesia. Begini cara investasi agar profit.
0
Begini Tips Sebelum Investasi Saham Ala Aline Wiratmaja
Salah satu investasi yang banyak dipilih masyarakat Indonesia adalah investasi saham karena legal dan berpotensi menghasilkan keuntungan.