Mau Investasi Emas Secara Online? Ini Tips Paling Aman

Saat ini masyarakat di berbagai negara dimudahkan dengan adanya investasi emas secara online. Begini tips paling aman yang harus kamu ikuti.
Ilustrasi - Emas online (Foto: Tagar/Unsplash)

Jakarta – Saat ini masyarakat di berbagai negara dimudahkan dengan adanya investasi emas secara online. Investasi tersebut dilakukan menggunakan media virtual berbasis online melalui platform tertentu.

Sebelum memutuskan mengembangkan dana dengan emas secara virtual, ada beberapa pertimbangan yang sebaiknya diperhatikan, apalagi membeli emas dengan cara online tidak boleh asal-asalan. Berikut 5 tips investasi secara online khususnya bagi investor pemula yang dilansir dari website Sahabat Pegadaian.


1. Tentukan tujuan melakukan investasi emas

Pertama, hal yang perlu dilakukan adalah menentukan tujuan investasi emas. Apapun tujuan yang diinginkan, tetap perlu diingat bahwa emas yang dibeli harus sesuai dengan kemampuan. 

Jadi, beli lah emas yang sesuai dengan keadaan atau kemampuan kalian. Misalnya untuk modal usaha, membeli properti, dan sebagainya.


2. Pantau laju harga emas

Emas memiliki nilai jual yang cenderung fluktuatif, bisa naik ataupun turun. Untuk itu, kalian harus terus melihat dan memantau harga emas setiap harinya. 

Dengan kalian memantau harga emas, kalian bisa menentukan kapan membeli emas untuk tambahan koleksi atau justru menjualnya kepada pihak lain.


3. Beli emas di tempat yang aman dan terpercaya

Memiliki investasi berharga seperti emas pasti sangat berisiko. Jadi, kalian harus melihat-lihat dan mencari informasi tentang platform yang akan kalian investasikan.


4. Kenali jenis investasi emas online yang akan dipilih

Berinvestasi menggunakan emas bisa dilakukan dalam berbagai tipe. Emas batangan, emas koin, dan perhiasan merupaka tiga jenis investasi emas secara fisik. Sementara itu, investasi emas yang dilakukan dalam bentuk online bisa berupa menabung emas, jual beli emas.


5. Kenali tempat investasi

Melakukan investasi secara online memang lebih aman dibandingkan menyimpan logam mulia tersebut dalam bentuk fisik. Namun, investasi secara online perlu diwaspadai perusahaan yang dipilih untuk tempat berinvestasi.

(Syva Tri Ananda)

Berita terkait
11 Istilah dalam Investasi Saham yang Wajib Diketahui Pemula
Berikut ini adalah 11 istilah pada investasi saham yang sangat mendasar dan perlu diketahui investor pemula.
Ragam Pilihan Investasi Saat Ekonomi Negara Terpuruk
Namun ternyata masih ada ragam pilihan investasi saat ekonomi negara sedang lesu, berikut pilihannya.
15 Istilah Investasi yang Perlu Diketahui Investor Pemula
Pahami terlebih dahulu istilah dalam investasi ini, agar memudahkan Anda dalam menjalankan investasi.
0
Mau Investasi Emas Secara Online? Ini Tips Paling Aman
Saat ini masyarakat di berbagai negara dimudahkan dengan adanya investasi emas secara online. Begini tips paling aman yang harus kamu ikuti.