UNTUK INDONESIA
Tips Mudah Menjaga Kulit Tidak Kering Selama Puasa
Selama bulan puasa, kulit cenderung mengalami dehidrasi lebih cepat dari biasanya. Berikut tips mudah cegah kulit kering selama puasa.
Ilustrasi Kulit Sehat. (Foto: Pixabay/nastya_gepp)

Jakarta - Selama bulan puasa, kulit cenderung mengalami dehidrasi lebih cepat dari biasanya. Hal itu bisa disebabkan karena cuaca panas di siang hari dapat membuat kulit kekeringan dan kurang kelembapan. 

Meski sedang berpuasa, kesehatan kulit tidak boleh diabaikan. Berikut Tagar rangkum dari berbagai sumber mengenai tips menjaga kulit tidak kering saat puasa yang diperoleh dari berbagai sumber.

1. Perbanyak Minum Air

Apabila kekurangan air, tubuh akan menjadi dehidrasi atau kurang gizi. Hal ini bisa mengakibatkan kulit terlihat kusam dan kering. Menjaga kulit terhidrasi, sebaiknya minum banyak air selama bulan Ramadan.

Selama bulan Ramadan, disarankan konsumsi air putih sebanyak 8-10 gelas di antara waktu buka puasa dan sahur. Kemudian, minimalisir minuman yang mengandung kafein, teh, dan soda karena dapat memicu dehidrasi bagi tubuh. 

Sebaiknya, minum air yang mengandung detoksifikasi, seperti infused water dengan mentimun, mint, dan lemon. Hal itu mampu memelihara kelembapan kulit secara instan. 

2. Perawatan Kulit

Selain perbanyak konsumsi air, perawatan kulit selama Ramadan juga penting dilakukan. Gunakan pelembap dan lotion setelah mandi agar kulit tidak kering dan pecah-pecah

Kemudian, lakukan eksfoliasi agar kulit mati bisa terangkat dan kulit kembali lembap. Gunakan scrub yang mengandung jojoba atau produk lainnya yang bisa mencegah dehidrasi kulit. 

Selain itu, hindari produk skin care yang agresif selama bulan puasa. Cobalah untuk mengeksofiliasi dan melembapkan kulit secara teratur.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan yang menyehatkan seperti buah dan sayuran selama bulan Ramadan bisa mencegah kulit kering dan kusam. Hal ini disebabkan karena buah dan sayuran mengandung 90 persen air yang akan membuat tubuh senantiasa terhidrasi.

Sayuran dan buah juga mengandung serat, vitamin, mineral, serta antioksidan. Sehingga dengan kandungan nutrisinya tersebut, kulit akan terlihat cerah dan lembap.

Buah dan sayuran yang bagus untuk bulan puasa yakni beri, lemon, semangka, timun, kubis, tomat, bayam, anggur, dan brokoli. Seimbangkan makanan sayuran dan buah dengan makanan lainnya yang mengandung asupan protein seperti salmon, telur, ayam, dan karbohidrat.

4. Olahraga

Olahraga juga bisa menjadi alternatif lain untuk menjaga kesehatan kulit selama bulan puasa. Olahraga dapat dilakukan menjelang berbuka, setelah berbuka, dan setelah makan sahur.

Namun, sebaiknya hanya olahraga ringan yang dilakukan supaya tubuh tidak banyak mengeluarkan keringat dan dehidrasi. Berolahraga mampu mengembalikan sensitivitas insulin dan partisi nutrisi, menghasilkan defisit kalori yang ideal bagi tubuh, serta menurunkan tekanan darah hingga stres oksidatif.

5. Tidur Cukup

Jadwal tidur selama bulan puasa terkadang menjadi berubah. Apalagi saat sahur, tubuh harus bangun lebih awal. Tak hanya itu, kegiatan salat tarawih juga membuat jam tidur berkurang lantaran begadang. Terlebih lagi mengisi kalori dan nutrisi yang terlewatkan pada siang hari.

Disarankan Anda bisa mengatur jadwal istirahat atau tidur dengan baik. Selain itu, pastikan jam tidur sebanyak 8 jam sehari tercukupi. Sebab, kekurangan waktu tidur dapat menurunkan energi dan memperburuk konsentrasi. 

Selama tidur, hormon pertumbuhan dilepaskan untuk memperbaiki jaringan kulit dan otot. Perlindungan kulit ekstra juga bisa dilakukan dengan menerapkan tabir surya SPF di siang hari untuk mencegah penuaan. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Cegah Tubuh Dehidrasi Selama Puasa
Ketika menjalankan ibadah puasa, tubuh terkadang mengalami dehidrasi. Berikut tips cegah dehidrasi selama puasa.
Tips Agar Tubuh Kuat Puasa di Cuaca Panas
Suhu udara di awal Ramadhan sekarang ini terasa sangat panas. Berikut tips agar tubuh kuat dan fit menjalankan puasa, meski cuaca panas.
Tips Hilangkan Bau Mulut Selama Puasa
Selama menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan, bau mulut menjadi salah satu permasalahan tiap orang. Begini cara menghilangkannya.
0
Covid-19 di 17 Negara Eropa Antara 11.000 - 200.000
Penyebaran virus corona baru (Covid-19) di Eropa melanda semua negara bahkan di beberapa negara kasusnya jauh di atas jumlah kasus di China