UNTUK INDONESIA
Tips Cegah Tubuh Dehidrasi Selama Puasa
Ketika menjalankan ibadah puasa, tubuh terkadang mengalami dehidrasi. Berikut tips cegah dehidrasi selama puasa.
Ilustrasi Minum Air. (Foto: washingtonpost.com/iStock)

Jakarta - Ketika menjalankan ibadah puasa, tubuh terkadang mengalami dehidrasi. Kondisi ini tentu sering terjadi selama bulan Ramadan.

Dehidrasi merupakan kondisi saat tubuh mengalami kekurangan cairan, sehingga tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Ada beberapa faktor seseorang mengalami dehidrasi saat menjalani puasa, seperti aktivitas yang cukup berat, tidak mengonsumsi makanan sehat dan minum air putih selama sahur, serta berada di bawah sinar matahari terus menerus. 

Kondisi dehidrasi tentu dapat mengganggu aktivitas selama menjalani ibadah puasa. Jika tidak diantisipasi akan berisiko mengganggu kesehatan organ ginjal dan kerusakan otot.

Satu hal lagi yang perlu diingat, tubuh manusia terdiri dari 70 persen cairan. Jadi tak hanya dengan meminum air saja, beberapa hal lainnya juga perlu diperhatikan agar tidak mengalami dehidrasi.

Berikut tips mencegah dehidrasi selama bulan puasa seperti yang dikutip Tagar dari berbagai sumber, Senin, 27 April 2020.

1. Minum Sesuai Kebutuhan

Penuhi kebutuhan cairan tubuh selama puasa sesuai porsinya dengan mengonsumsi 2 liter air atau setara 8 gelas per hari. Konsumsi air putih sebanyak 3 gelas ketika berbuka puasa, 3 gelas ketika sahur, dan 2 gelas sebelum tidur.

Hal itu bertujuan agar kebutuhan tubuh akan cairan dapat terpenuhi. Namun, jika aktivitas sangat padat dan banyak berada di luar ruangan, maka bisa menambahkannya menjadi 3 hingga 3,5 liter.

2. Waspadai Sinar Matahari

Terlalu banyak beraktivitas di bawah sinar matahari membuat tubuh mudah dehidrasi. Apabila merasa kepanasan, segera berteduh dan jangan memforsir tenaga. 

Namun, apabila mendesak gunakan perlengkapan tambahan seperti payung atau topi. Hal ini sangat efektif untuk mencegah dehidrasi selama beraktivitas di bawah terik matahari.

Payung dan topi berdaun lebar mengurangi paparan sinar matahari yang menimbulkan sensasi panas di kulit dan menyebabkan tubuh berkeringat.

3. Hindari Makanan Asin Ketika Sahur

Makanan yang mengandung garam tinggi dapat menyebabkan rasa haus lebih cepat dan mengalami dehidrasi. Garam sangat mempengaruhi pengaturan cairan tubuh.

Menghindari tubuh dehidrasi, sebaiknya konsumsi buah-buahan yang memiliki banyak kandungan air di dalamnya seperti, semangka, melon, anggur, dan tomat. Sebab, buah dapat menggantikan jumlah cairan dalam tubuh yang akan diambil setiap hari. 

4. Perbanyak Cairan pada Malam Hari

Manfaatkan waktu pada malam hari atau di antara berbuka dan sahur untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh. Gunakan cara sederhana untuk mengetahui tubuh mengalami kekurangan cairan atau tidak, yaitu dengan melakukan tes warna air seni (kencing).

Ketika urin berwarna bening atau kuning, kemungkinan tubuh sudah mendapatkan cukup air. Tetapi, jika berwarna kuning tua, maka tingkatkanlah jumlah asupan cairan sehat untuk tubuh.

5. Mengonsumsi Buah-buahan

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, cairan tidak hanya didapatkan dari air putih saja. Mengonsumsi buah-buahan kaya akan kandungan air dapat menjadi opsi yang tepat agar tubuh tidak mudah dehidrasi

Hal ini dilakukan guna memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh ketika menjalani puasa. Tambahkan menu buah-buahan pada saat berbuka dan sahur atau di sela-sela waktu beribadah malam.

Dengan konsumsi buah-buahan juga akan membuat kebutuhan vitamin terpenuhi, sehingga tubuh menjadi segar.

6. Kurangi Asupan Protein

Kandungan protein memang dibutuhkan tubuh. Namun, sebaiknya perhatikan asupan protein yang masuk dalam tubuh supaya dapat meminimalisir dehidrasi selama berpuasa.

Makanan dengan kandungan protein yang cukup tinggi dapat menyebabkan tubuh cepat kehilangan cairan. Sebaiknya, seimbangkan asupan protein dengan asupan cairan yang dikonsumsi.

7. Hindari Konsumsi Gorengan Selama Berpuasa

Gorengan sering menjadi makanan primadona ketika berbuka puasa. Namun sebaiknya hindari konsumsi makanan ini, jika tidak ingin mengalami dehidrasi. Kandungan garam pada gorengan yang cukup tinggi justru membuat tubuh mudah merasa haus.

8. Hindari Aktivitas yang Berlebihan

Dengan adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) semasa pandemi virus Corona, tips terakhir ini bukan menjadi hal yang sulit dilakukan. Lagi pula, meminimalisir aktivitas ketika menjalankan ibadah puasa juga bukan hal yang keliru.  

Dengan menghindari aktivitas yang berlebihan, tubuh tidak akan dehidrasi. Jika tubuh dehidrasi, tentu akan menggangu ibadah puasa hingga masalah kesehatan lainnya. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Hilangkan Bau Mulut Selama Puasa
Selama menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan, bau mulut menjadi salah satu permasalahan tiap orang. Begini cara menghilangkannya.
Tips Makan Sehat Sahur Selama Puasa
Pemilihan makanan yang tepat saat sahur selama bulan puasa tentu sangat penting diperhatikan.
Tips Mempersiapkan Tubuh untuk Berpuasa
Sebelum berpuasa, umat Islam dari sekarang mulai mempersiapkan tubuh untuk berpuasa. Berikut tips yang harus diperhatikan.
0
Jenis Olahraga yang Aman Selama Puasa
Namun, saat menjalani puasa Ramadan banyak orang yang malas berolahraga karena takut kelelahan, dan batal puasanya.